Wajib Tahu! Ini Modus Kejahatan Digital Perbankan dan Cara Menghindarinya

Kenali Modus Kejahatan Digital dan Tips Cara Menghindarinya. (Foto: Freepik).

• Perhatikan kondisi fisik ATM dan sekelilingnya dan apabila ada hal-hal yang mencurigakan seperti goresan, selotip, bekas lem dan hal-hal mencurigakan lainnya terutama di tempat memasukkan kartu dan keypad (tombol angka), diharapkan Anda tidak menggunakan ATM tersebut dan segera melaporkan kepada pihak bank terdekat dan atau kepada pihak berwajib.

Baca Juga:  Ini Respon Dedi Mulyadi Soal Kasus Blasting PT MSS

• Perhatikan kondisi alat EDC (Electronic Data Capture) pada saat menggunakan ATM atau kartu debit pada toko yang bekerjasama dengan pihak perbankan. Jangan melakukan transaksi jika terdapat alat atau hal lain yang mencurigakan, serta segera melapor kepada pihak bank atau pihak berwajib.

• Selalu pantau rekening Anda secara berkala. Segera laporkan ke pihak BNI jika ditemukan transaksi yang mencurigakan yang tidak pernah Anda lakukan.

Baca Juga:  Pagelaran Seni Tunil di Purwakarta, Saiful Huda: Ini Hiburan Rakyat Luar Biasa

• Berhati-hatilah dengan nomor telepon Contact Center palsu yang terdapat ditempel pada ATM oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, nomor Contact Center resmi BNI adalah 1500046.

3. Social Engineering (Soceng)

Social Engineering adalah teknik untuk mendapatkan data dan informasi pribadi nasabah yang dipergunakan dalam transaksi perbankan dengan cara mempengaruhi pikiran seseorang dengan memanipulasi psikologis dan emosional melalui suara gambar atau tulisan yang persuasif dan meyakinkan. Secara spesifik, data informasi nasabah adalah seluruh data pribadi yang digunakan pada sistem perbankan untuk keperluan verifikasi transaksi.

Baca Juga:  Miliki Layanan Perbankan Prioritas Handal, bank bjb Raih Tiga Penghargaan di Infobank-MRI Banking Service Excellence Recognition 2023