Audiensi Dengan Salim Group, Sekda Jabar Bahas Investasi Kelapa

JABARNEWS | BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa, melakukan audiensi dengan perwakilan Salim Group. Dalam pertemuan kali ini, Sekda Iwa mewakili Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Salim Group membahas investasi di bidang kelapa.

“Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan fokus pada komoditas yang secara skala ekonomi memungkinkan mempercepat kesejahteraan masyarakat Jawa Barat, salah satunya menyangkut kelapa,” kata Iwa, di Gedung Sate Bandung, Jumat (1/2/2019).

Menurut Iwa, hal ini akan sangat menguntungkan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Menurut data yang ditampung Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat tahun 2017, kelapa yang dibutuhkan perusahaan di Jabar sekitar 300.000 butir/hari,” ujarnya.

Baca Juga:  Tahun Ini, BKD Kota Depok Targetkan PBB Perdesaan dan Perkotaan Naik

Sementara sentra produksi kelapa terbanyak yang berada di Kabupaten Pangandaran, Cianjur, Ciamis, dan Kabupaten Tasikmalaya hanya memiliki luas 151.113 hektare dengan jumlah produksi kelapa sekitar 91.618 ton.

Dari data tersebut lahan seluas 150.360 hektare merupakan petani perkebunan rakyat sekitar 665.144 KK, 1.058 kelompok tani, dan satu asosiasi petani.

“Jadi ini cukup besar tapi dari sisi produktivitas dan kesejahteraan. Maka itu hampir tiga juta penduduk Jawa Barat bisa dihidupi hanya dari kelapa,” sambung Iwa.

Kabupaten Ciamis memiliki luas 32.647 hektare dengan total produksi 98.655.000 kg dan jumlah butiran 29.596.500 buah. Sedangkan Kabupaten Cianjur memiliki luas 8.084 hektare dengan total produksi 20.770.000 kg dan jumlah butiran 6.231.000 buah.

Baca Juga:  Komunitas Input Adakan Tatap Muka

Adapun Kabupaten Pangandaran dengan luas 25.575 hektare, total produksi 62.965.000 kg, dan jumlah butiran 18.889.500 buah. Serta Kabupaten Tasikmalaya memiliki luas 31.020 hektare, total produksi 138.270.000 dengan jumlah butiran kelapa 41.481.000 buah.

Dengan beberapa sebaran luas ini, maka untuk mengoptimalkan produksi kelapa, kerja sama yang dibangun bersama Salim Group nantinya akan berbentuk pendekatan inti plasma. Hal ini dilakukan agar efisien, sehingga ke depan, pohon kelapa milik warga akan dikelola oleh Salim Group.

“Jadi intinya ada investasi untuk membangun satu kebun yang ada proses produksinya (pabrik). Sehingga dengan demikian akan terjadi kesinambungan pasokan,” papar Iwa.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Capricorn, Aquarius dan Pisces: Yakin Pada Pendapat Diri Sendiri dan Jalankan

Iwa berharap kelapa-kelapa yang dihasilkan rakyat ini dapat dibeli dengan harga wajar.

“Karena prinsip kami bagaimana bisa mengurangi kemiskinan,” tambahnya.

Produk kelapa bisa berupa butiran, kopra (kelapa yang dikeringkan), deres (disadap sebagai bahan baku gula merah), dan degan (kelapa muda untuk konsumsi).

Rencananya hasil produksi itu akan diekspor ke Amerika Serikat dan Eropa. Saat ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Salim Group akan berkoordinasi dengan PTPN VIII untuk menentukan lahan. Menurut Iwa, penggunaan lahan PTPN VIII sudah sesuai karena selama ini banyak lahan PTPN VIII yang kurang produktif. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat