Molor, Peluncuran Bus Sakoci Di Kota Cimahi

JABARNEWS | CIMAHI – Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi belum juga meluncurkan Bus Wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci). Pemkot beralasan bus wisata ini masih disempurnakan untuk mendukung wisata sejarah dan militer Kota Cimahi.

Diketahui, Bus Sakoci diterima Pemkot Cimahi dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil pada 22 Desember 2018. Wali Kota Cimahi, Ajay M. Priatna, juga sempat melakukan uji coba dengan mengendarai Sakoci keliling Kota Cimahi 25 Desember 2018.

Bus mengusung konsep art deco dengan warna dominan hijau tua, menonjolkan ciri khas Kota Cimahi sebagai kota militer. Mobil hibah dari Pemprov Jabar tersebut bakal menjadi andalan Kota Cimahi dalam program Wisata Militer Kota Cimahi.

Baca Juga:  Ada 83 Checkpoint Kawal PPKM Kabupaten Bogor, Cisarua Jadi Fokus Pemeriksaan

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, Budi Raharja, mengatakan, belum dilakukannya peluncuran Bus Sakoci karena masih melengkapi bus tersebut.

“Rencana 19 Januari 2019, meleset dari rencana karena kita masih melengkapi sejumlah fasilitas seperti pemasangan televisi dan buku-buku sejarah. Insya Allah launching tanggal 10 Februari, sekarang berkoordinasi dulu dengan semua pihak,” ungkapnya, dikutip piiran-rakyat.com, Senin (4/2/2019).

Baca Juga:  Korban Tenggelam di Sungai Cigede Ditemukan Meninggal, Hanyut 12 Km

Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Cimahi, Dida Suprinda, mengatakan, tarif Sakoci bakal mengadopsi tarif Bandung Tour On Bus (Bandros) Kota Bandung.

Nantinya, wisatawan asal Cimahi maupun luar Cimahi akan dikenakan tarif sebesar Rp 20.000 perorang, sedangkan untuk anak-anak dikenai tarif Rp 15.000 per orang.

“Tarifnya hampir sama dengan Bandros Kota Bandung. Itu juga hasil kesepakatan dengan dinas terkait yang bekerjasama dengan Organda dalam operasional Sakoci. Sudah ada perwalnya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, pengelolaan dan perawatan bus Sakoci sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari Organda.

Baca Juga:  Kalah 2-0 dari Persija, Persib Optimis Kejar Dua Gol di Leg Kedua

“Untuk anggaran bensin, sopir dan guide, dan perawatan unitnya belum bisa dipastikan, jadi nanti dihitung dulu setelah diujicoba,” katanya.

Bus Sakoci akan melewati rute yang telah ditentukan oleh Disbudparpora Kota Cimahi yang menunjang Cimahi Military Tourism.

Rute yang akan dilewati bus wisata tersebut yaitu Kampung Adat Cireundeu, Makam Kerkoff, Gedung Cimahi Technopark, Pusdik Armed, Penjara Militer Poncol, dan ke tempat bersejarah lainnya hingga akhirnya tiba di Alun-alun Kota Cimahi maupun sebaliknya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat