eLKaP Purwakarta: Sosialisasi KPU Kepada Pemilih Pemula Tidak Efektif

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sosialisasi yang dilakukan KPU setempat terhadap pemilih pemula dinilai tidak efektif. Hal tersebut tersebut Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Kebijakan Publik (eLKaP) Kabupaten Purwakarta, Anas Ali Hamzah.

Menurutnya, penilaian tersebut menyusul adanya temuan pihak Bawaslu setempat saat menemukan masih banyaknya pemilih pemula, khususnya pelajar yang belum tahu namanya masuk atau tidak dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) Pemilu 2019.

“Melihat adanya siswa yang tidak mengetahui namanya masuk dalam DPT, itu pertanda sosialisasi yang dilakukan KPU tidak efektif dan anggaran terbuang sia-sia,” kata Ketua eLKap Purwakarta, Anas Ali Hamzah, melalui pesan singkatnya, Selasa (12/2/2109).

Baca Juga:  Isolasi Mandiri Berbayar, DPR RI Khawatirkan Komersialisasi Penanganan Covid-19

Menurutnya, sesuai dengan UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, memberikan jaminan bagi pemilih pemula yang pada 17 April 2019 genap berusia 17 tahun untuk menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

Baca Juga:  Buaya Di Sungai Cisangkuy Itu Peliharaan Warga

Dengan demikian, pihaknya menyarankan KPU segera melakukan evaluasi dan mengecek nama pemilih pemula yang belum masuk ke DPT. Hal itu dapat dilakukan dengan melakukan koordinasi dan penelitian bersama disdukcapil setempat.

“Hal tersebut harus segera dilakukan KPU untuk menyelamatkan hak pilih kelompok potensial ini di pemilu 2019,” paparnya.

Diketahui, sebelumnya Bawaslu Kabupaten Purwakarta menemukan masih banyaknya pemilih pemula khususnya pelajar yang belum tahu namanya masuk atau tidak dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) Pemilu 2019.

Baca Juga:  Curug Nyogong, Tempat Wisata Alami Di Garut

“Ya, tadi kita temukan masih ada pelajar belum tahu apakah namanya masuk dalam DPT atau tidak,” kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubal Bawaslu Purwakarta, Oyang Este Binos, usai mengisi sosialisasi pengawasan pemilu kepada pelajar di SMKN 1 Plered, Jumat (8/2/2019) belum lama ini. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat .