Menteri PUPR: Tender Tol Bandung – Banjar Mei Atau Juni 2019

JABARNEWS | KAB. BANDUNG – Jalan tol Gedebage-Majalaya-Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar (Bandung Banjar) sepanjang 184 km akan ditenderkan pada Mei atau Juni tahun ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan, saat ini pihaknya tengah memproses pengajuan penetapan lokasi (Penlok) untuk diajukan pada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Pemerintah berkomitmen untuk membangun jalan tol tersebut. Tak hanya sampai Banjar, tol tersebut akan disambungkan menuju Cilacap, Jawa Tengah,” kata Basuki, usai menghadiri Citarum Expo 2019 di Gedung Sabilulungan, Jalan Allah Fathul, Kompleks Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bandung, Soreang, Selasa (19/2/2019), dikutip pikiran-rakyat.com.

Baca Juga:  Temuan BPK Jadi Bukti Banyak Perusahaan Sawit Bermasalah

Dirjen Bina Marga, Sugiartanto, menuturkan, sebelum menyusun penlok pihaknya saat ini tengah mencari trase yang terbaik. Setelah itu baru mengusulkan penlok pada Pemprov Jabar.

“Dari penlok, baru lelang investasi. Kira-kira kita berharap bulan bulan depan (pengajuan penlok). Sudah kita konsolidasikan dengan pak gubernur kemarin, untuk bantu percepatan pengadaan lahan untuk izin penlok,” katanya.

Baca Juga:  Senin, Warga Pasir Putih Somasi Pemkot Depok

Dikatakannya, nantinya jalan tol tersebut akan dilelang investasi. Pihaknya memang sudah menerapkan lelang investasi untuk pembangunan jalan tol lintas selatan Jawa.

“Pemerintah mendorong pembangunan jalan tol Bandung Banjar tersebut dikarenakan potensi ekonomi dan pariwisatanya cukup besar. Dengan Jalan tol Bandung Banjar tersebut akan tembus hingga perbatasan Cilacap,” terangnya.

Baca Juga:  Tim Saber Pungli Ingatkan Kades, Jangan Sampai Jadi Tersangka

Kepala Bappeda Jabar, Taufiq Budi Santoso, mengatakan, dalam rangka melancarkan proses pembangunan jalan tol tersebut, provinsi akan memfasilitasi pelaksanaan pembangunan jalan tol dimulai dengan sinkronisasi rencana jalan tol serta proses penetapan lokasi. Sementara saat ini penetapan lokasi belum dilakukan. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat