Bupati Tasikmalaya: Go-Digital Harus Siap

JABARNEWS | KAB. TASIKMALAYA – Melihat perkembangan teknologi masa kini yang kian pesat, Bupati Kabupaten Tasikmalaya Ade Sugianto, nyatakan siap untuk go-digital.

“Hampir setiap hal saat ini bisa ditemui dalam bentuk digital. Maka jika tidak siap kita jelas itu akan ketinggalan. Itu sudah saya gaungkan dari lima tahun lalu, bahkan sebelum Presiden wujudkan, saya sudah pikirkan,” ujar Ade, di Gedung Bappeda Kabupaten Tasikmalaya, Senin (25/2/2019).

Baca Juga:  Amukan Si Jago Merah Hanguskan Ratusan Kios Pasar Berastagi

Ade mengungkapkan, dalam penyelenggaraan pemerintahan, beberapa daerah sudah mulai melirik pemanfaatan teknologi sebagai sarana untuk memperbaiki kualitas serta percepatan pelayanan pemerintah atau biasa disebut go-digital.

Baca Juga:  Tidak Ada Desa Tertinggal, Wagub Jabar Apresiasi Pemkab Cirebon

Salah satu bentuk dari go-digital, lanjutnya, adalah konversi arsip konvensional menjadi digital.

“Itu dinilai penting agar berkas-berkas dokumen pemerintah bisa tersimpan aman dan tertata lebih rapi. Hal itu kini mulai dilirik juga oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya,” terangnya.

Ditambahkannya, penggunaan sistim go digital bisa lebih mengefektifkan penggunaan anggaran. Pasalnya, menggunakan teknologi (IT) itu lebih cepat, murah, hemat sumber daya, dan hemat penyelenggaraan.

Baca Juga:  Kasus Pencabulan Guru di Bandung, Korban Bertambah Jadi Tiga Murid

“Keberhasilan pemanfaatan teknologi ini ada tiga. Yakni software, hardware, juga brainware. Yang saat ini kita harus persiapkan itu adalah brainwarenya, sumber daya manusianya,” tambahnya. (Yud)

Jabarnews | Berita Jawa Barat