AMSI Jabar Jalani Verifikasi Sebagai Kontituen Dewan Pers

JABARNEWS | BANDUNG – Asosiasi Media Siber Indonesia Jabar (AMSI Jabar) jalani verfikasi Dewan Pers sebagai organisasi kontituen Dewan Pers di Sekretariat AMSI Jabar, Jalan Peta, Bandung, Selasa (26/3/2019).

Verifikasi dilakukan Wakil Ketua Dewan pers Ahmad Djuhar dan Sekretaris Dewan Pers, Rita, memeriksa kelengkapan oragansisasi komunitas media AMSI Jabar, mulai dari kelengkapan kantor hingga anggota AMSI Jabar serta dokumen pendirian perusahaan pers pun tak luput dari pemeriksaan.

Baca Juga:  Cegah Corona, 19 Warga Binaan Lapas Ciamis Bebas Bersyarat

Wakil Ketua Dewan pers Ahmad Djuhar mengatakan, tujuan Verifikasi yaitu Dewan Pers sebagai lembaga independen yang menaungi media di Indonesia, ingin menjalankan amanah masyarakat, mendorong komunitas media menjadi media yang profesional.

“Banyak sekali media yang didirikan tapi sebenarnya dalam akta pendiriannya, jenis usahanya lain, semisal kontraktor atau perdagangan. Seharusnya, akta pendirian itu harus sama dengan bidang usahanya, media atau pemberitaan,” kata Ahmad.

Baca Juga:  Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Sarampad Cianjur Keluhkan Infrastruktur Jalan Rusak

Setelah kegiatan verifikasi AMSI Jabar, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi bidang media, termasuk perlindungan hukum terhadap awak media.

Agar media dan jurnalisnya selamat dari masalah hukum di dalam menjalankan pekerjannya, Dewan Pers mendorong agar media-media benar-benar mejalankan kerja jurnalistik berpedoman kepada kode etik dan UU Pokok Pers, mendaftarkan lembaganya di Dewan Pers, lalu awak medianya mengikuti uji kopetensi wartawan.

Ketua AMSI Jabar, Rahim Asyik, menyambut baik saran Dewan Pers untuk mendorong media-media siber di Jabar untuk meningkatkan kopetensinya.

Baca Juga:  Toponimi Jawa Barat: Ngaran Tempat tina Tangkal Awi (1)

“Kami akan sering kumpul, melakukan pelatihan-pelatihan, sharing ide, dan mendorong perusahan-perusahan media menjadi media yang baik,” ujarnya.

Sebagai penutup Rahim menambahkan, lebih dari 20 media siber di Jawa Barat telah terdaftar sebagai anggota AMSI Jabar, sebagiannya sudah terverifikasi oleh Dewan Pers. (Red)


Jabar News | Berita Jawa Barat