10 Negara Siap Memeriahkan Pangandaran Internasional KITE Festival

JABARNEWS | PANGANDARAN – Pangandaran Internasional KITE Festival (PIKF 2019) siap digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran dan didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Yang akan diadakan selama tiga hari pada 12-14 Juli 2019 yang dipusatkan di lapangan Katapang Doyong pantai timur, Pangandaran, Jawa Barat.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mengatakan, bahwa agenda tahunan tersebut digelar bersama Persatuan Layang Layang Pangandaran (PERLAP). Dan didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan diikuti peserta dari 10 negara dan puluhan daerah di Indonesia.

“Festival Iayang-Iayang pangandaran sudah menjadi barometer kegiatan di kota tersebut karena sudah terlaksana sejak lama sekitar tahun 90-an,” ungkap Bupati Jeje.

Baca Juga:  Petugas LP II B Sukabumi Temukan Palu

Jeje mengatakan tujuan dari acara ini adalah sebagai ajang promosi daerah dalam upaya membuat Kabupaten Pangandaran sebagai daerah tujuan wisata kelas dunia. Sehingga para wisatawan dapat berkunjung ke Pangandaran.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pangandaran Undang Sohbarudin menambahkan, ada 2 jenis pertunjukan layang-layang yaitu night flying competition, dan kite flying exhibition.

“Night flying competition yakni layang-layang yang diterbangkan pada malam hari dengan terpasang lampu-lampu. Sehingga, pengunjung akan seperti melihat lampion terbang. Sementara KITE flying exhibition adalah unjuk kebolehan dan keindahan layang-layang dari peserta peserta mancanegara dan lokal,” jelas Undang.

Baca Juga:  Siapa Anggota DPR yang Dihubungi Ferdy Sambo? Ini Jawaban Mahfud MD

Untuk peserta festival layang-layang ini berasal dari beberapa negara seperti Macau, India, Singapura, Malaysia, Jepang, Mongolia, Philipina, Swedia, Prancis dan Italia serta para peserta domestik dari pulau jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan lainnya.

Menpar Arief Yahya menyambut positif International Kite Festival 2019 ini. Dia berharap banyak peserta dari luar negeri yang datang. Karena itu momentum ini harus banyak dipasarkan melalui media dan sosmed.

“Selamat dan sukses event festival bermain layang-layang itu. Kreativitas di layang-layang itu cukup menarik buat siapa saja,” kata Menpar Arief Yahya.

Baca Juga:  PKS Ingin Ciptakan Kedaulatan Pangan, Petani Catat! Ini Janjinya

Dalam rangka untuk menggerakan dunia kreatif di Pangandaran, di dalam event PIKF 2019 ini juga terdapat beberapa acara yang melibatkan masyarakat khususnya anak muda. Salah satu bentuk kampanye dari acara ini adalah membersihkan pantai Pangandaran yang melibatkan komunitas anak muda dan para pelajar dari tingkat SD hingga SMA. Selain itu, masyarakat juga dapat menikmati food bazaar dan stand UMKM binaan Pemerintah Kabupaten Pangandaran. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat