Demi Kenyamanan Pemudik, Polres Purwakarta Lakukan Ramp Check Kendaraan Umum

JABARNEWS | PURWAKARTA – Menjelang arus mudik 2019, jajaran kepolisian dari Polres Purwakarta mengecek kelayakan operasi kendaraan umum berupa, bus, mikro bus maupun kendaraan umum lainnya, di Pos Ciganea, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta sejak Rabu, (22/5/2019). Pengecekan dilakukan bersama Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengecek kesiapan transportasi khususnya angkutan umum menjelang arus mudik lebaran,” kata Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius, saat ditemui di Pos Polisi Ciganea, Minggu (26/5/2019).

Baca Juga:  BI Jabar Gelar Pelatihan Wartawan Ekonomi Se-Wilayah Jawa Barat

Dengan pengecekan tersebut, Kapolres berharap alat transportasi umum yang digunakan cukup layak membawa para pemudik, tentunya juga diharapkan dapat menekan terjadinya angka kecelakaan lalu lintas.

“Sehingga lebaran tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya,” tutur Matrius.

Diketahui, pengecekan tersebut difokuskan pada administrasi teknis dan penunjang lainnya. Secara rinci berkaitan dengan administrasi adalah SIM Umum, STNK, Surat Tanda Uji Kelayakan (STUK) dan kartu pengawasan. Sedangkan unsur teknis meliputi unsur penerangan, sistem pengereman, kelayakan dan depan dan belakang.

Baca Juga:  Waspada! Kenali Tanda Serangan Jantung Ini Sebelum Terlambat, Salah Satunya Gangguan Tidur

Selanjutnya unsur penunjang yaitu pengukuran kecepatan atau spedometer, sabuk keselamatan pengemudi, kaca depan dan penghapus kaca depan (wiper), kaca spion dan klakson.

Selain itu, ada juga cek kesehatan gratis kepada pengemudi maupun penumpang yang mengalami gangguan kesehatan dalam perjalanan mudik.

“Tadi ada beberapa penumpang yang melakukan pengecekan kesehatan, namun rata-rata gangguan yang masih umum. Mengingat keselamatan utama dari kendaraan penumpang terletak dari pengemudinya. Sehingga perlu kesehatan pengemudi yang prima dan kondisi kendaraan yang mantap,” ucapnya.

Baca Juga:  Tingkatkan Solidaritas, Ini yang Dilakukan Alumni SMP 9 Bandung

Kapolres Purwakarta juga berpesan kepada para penumpang yang akan melakukan perjalanan mudik agar lebih hati-hati.

“Jangan terlalu percaya dengan orang yang baru dikenal, mereka kadang menggunakan berbagai modus untuk mengelabui penumpang lain, modusnya macam-macam, pokoknya saya harap pihak armada bisa membantu dan melindungi penumpangnya dari ancaman kejahatan,” pesen Kapolres. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat