Pendidikan Karakter, Siswa SMPN 4 Darangdan Diajarkan Bercocok Tanam

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pertanian merupakan sektor penting dalam kehidupan manusia, terutama dalam pemenuhan kebutuhan pangan. Hal ini harus disadari oleh setiap orang sedari kecil.

Berangkat dari hal tersebut, SMPN 4 Darangdan, Kabupaten Purwakarta memprogramkan Pendidikan Karakter untuk mengenalkan bidang pertanian kepada para siswa-siswinya.

Kepala Sekolah SMPN 4 Darangdan, Agus Mulyana mengatakan, dalam program tersebut siswa-siswi diajak untuk ikut praktik menanam pakcoy. Mulai dari persiapan media tanam, yaitu tanah dicampur kompos.

Baca Juga:  Soal Novel Baswedan, KPK Bakal Usut Obstruction of Justice

“Masing-masing murid, kami berikan kesempatan untuk mencoba mencampurkan dan memasukkan campuran tadi ke dalam botol plastik bekas air mineral yang mereka bawa sekaligus memanennya,” kata Agus, saat ditemui di SMPN 4 Darangdan, Jumat (14/6/2019).

Baca Juga:  Kawanan Spesialis Pecah Kaca Mobil Asal Garut Ditangkap Polres Cirebon Kota

Dalam hal ini, Kepala Sekolah berpesan, rawatlah tanaman mu seperti merawat anak sendiri dan pupuk terbaik bagi tanaman adalah langkah kalian dalam mengontrol pertumbuhan tanaman .

“Dengan memiliki keterampilan menanam, hasilnya dapat dirasakan diri sendiri juga keluarganya,” ujarnya

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Hari Ini Minggu 6 November 2022

Sementara Ketua Osis SMPN 4 Darangdan, Muhamad Ilham Maulana mengaku sangat bersemangat dengan kegiatan panen pakcoy ini.

“Dengan dikenalkannya pertanian sejak dini, kami berharap bisa menjaga pertanian dan lingkungan di masa depan,” pungkasnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat