Akibat Kekeringan, Puluhan Hektare Sawah di Cianjur Gagal Panen

JABARNEWS | CIANJUR – Akibat kekeringan, puluhan hektare area persawahan di Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, gagal panen atau fuso, sehingga aparat setempat mengajukan permohonan bantuan ke dinas terkait di Pemkab Cianjur.

Kepala Desa Bojonglarang, Kecamatan Cijati, Asep Muslim di Cianjur mengatakan dampak musim kemarau mulai dirasakan ratusan petani di wilayah tersebut karena sebagian besar padi yang mereka tanam mati kekeringan karena tidak dapat diairi.

Baca Juga:  Ketum GMBI Fauzan Rahman Jadi Tersangka, Pasal Ini yang Digunakan Polisi

Saluran irigasi dan air sungai yang biasanya masih dapat digunakan untuk mengairi sawah yang sudah ditanam sejak beberapa pekan terakhir, semakin surut dan mengering, sehingga sebagian besar tanaman padi mati, katanya.

“Tercatat sekitar 30 hektare tanaman padi mengalami fuso karena tidak mendapatkan air sejak beberapa hari terakhir. Tidak ada upaya yang dapat dilakukan petani atau penyuluh sekalipun,” katanya, Jum’at (21/6/2019).

Baca Juga:  Digugat Dosen hingga Rektor Menundurkan Diri, Universitas Widyatama Diterpa Masalah Internal

Asep menuturkan, akibat musim kemarau petani di wilayah tersebut mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah dan berharap mendapatkan bantuan dari pemerintah untuk tetap dapat menggarap lahannya ke depan serta mendapat bantuan sarana air untuk mengairi sawah.

Saat ini tambah dia, pihaknya telah mengajukan bantuan air untuk mengairi tanaman di sawah yang masih tersisa agar dapat diselamatkan dari gagal panen ke BPBD Cianjur dan Dinas Pertanian.

Baca Juga:  Waspada! Kenali Gejala Cacingan Pada Orang Dewasa Sesuai Jenisnya

“Kami berharap segera mendapat solusi untuk area persawahan yang tanaman padinya masih bisa bertahan dari sisa pengairan sungai yang diambil menggunakan pompa,” ujarnya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat