Terjadi Gempa Bumi Berkekuatan 7,7 SR di Maluku, Tak Berpotensi Tsunami

JABARNEWS | MALUKU – Gempa bumi bermagnitudo 7,7 yang terjadi di Laut Banda atau berjarak 245 Kilometer Barat Laut mengguncang Maluku Barat Daya pada Senin (24/6/2019) sekitar pukul 11:53 WIT akibat dari aktivitas subduksi Laut Banda.

Informasi dari Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono yang diterima di Jakarta, Senin (24/6/2019), gempa tersebut dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan geser (strike-slip fault).

Baca Juga:  Ruang Kerja Sekda Jabar Digeledah KPK Terkait Suap Meikarta

Dari hasil analisa BMKG kekuatan gempa yang dimutakhirkan menjadi magnitudo 7,4 itu berlokasi di laut pada jarak 289 km arah Barat laut Kota Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Propinsi Maluku pada kedalaman 220 km.

Guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan di daerah Saumlaki V MMI, Tual III-IV MMI, Subawa dan Sorong III MMI, Dobo, Alor, Fak-Fak dan Kupang II-III MMI, Manokwari, Bima, Dompu, Banda, Waingapu, Ambon, Bula, Nabire, Merauke, Denpasar, dan Puncak Jaya II MMI.

Baca Juga:  Keluarga Ketua RT Positif Covid-19, Satu Kampung di Bekasi Lockdown Mikro

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami Hingga pukul 10.13 WIB, Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya dan tetap memantau informasi yang dikeluarkan BMKG.

Baca Juga:  Ratusan Kader Partai Demorkat Rame-rame Lakukan Stempel Darah hingga Sebut Moeldoko Maling

Sebelumnya pada hari Senin (17/06/2019) sekitar pukul 13:01 WIT, gempa besar dengan kekuatan 5,3 M juga pernah terjadi di lokasi yang berdekatan dengan sumber gempa pada hari ini. Tepatnya di titik -6,91 LS dan 129.4 BT pada kedalaman 189 km. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat