Satu Desa di Indramayu Terancam Kekeringan Ekstrem

JABARNEWS | INDRAMAYU – Tidak adanya turun hujan secara berturut-turut selama lebih dari 60 hari , diprakirakan akan menyebabkan kekeringan ekstrem di Desa Bantarhuni yang berada di Kabupaten Indramayu

“Yang berpotensi kekeringan ekstrem terjadi di Kabupaten Indramayu yaitu Desa Bantarhuni, Kecamatan Gantar,” kata Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi, Ahmad Faa Iziyn di Majalengka, Kamis (27/6/2019).

Menurutnya, di daerah tersebut akan terjadi hari tanpa hujan secara berturut-turut selama lebih dari 60 hari dan itu diprakirakan akan menyebabkan kekeringan ekstrem.

Baca Juga:  Lihat Berita di Televisi, Sopir Truk yang Nabrak Santri di Cianjur Menyerahkan Diri

Untuk itu ia mengimbau agar warga dan Pemerintah terkait bisa meminimalkan adanya kekurangan pasokan air bersih selama tidak adanya hujan di daerah itu.

“Di daerah Gantar itu diprakirakan tidak hujan berturut-turut lebih dari 60 hari, sehingga harus diwaspadai,” ujarnya.

Faiz melanjutkan, selain di Kabupaten Indramayu, kekeringan juga mengancam daerah lainnya, seperti Kabupaten Majalengka dan Cirebon.

Baca Juga:  Ada Polemik Baru Di Pilpres...

“Karena di daerah itu tidak hujan berturut-turut 31sampai 60 hari yang berpotensi kekeringan,” tuturnya.

Sementara Bupati Indramayu Supendi juga sudah menginstruksikan semua elemen baik dari pemerintah maupun warga untuk waspada terhadap bencana kekeringan, terutama wilayah yang sering terdampak.

“Camat harus turun ke desa-desa, jika ditemukan ada desa yang krisis air, segera koordinasi untuk disuplai air,” katanya.

Baca Juga:  Berikut Rentetan Kasus Artis Indonesia Yang Terjerat Kasus Narkoba Di Awal Tahun Ini

Menurut Supendi, bencana kekeringan di Indramayu harus bisa diantisipasi sedini mungkin, agar tidak menimbulkan kegelisahan bagi semua warga.

Terutama, lanjut Supendi, untuk Pemerintah yang daerahnya sering mengalami kekeringan agar terus memantau kondisi sekitar.

“Terutama kecamatan yang sering mengalami kekeringan seperti Krangkeng, Gantar untuk selalu diwaspadai,” ujarnya. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat