Perawat Kota Bandung Berkesempatan di Kota Toyota, Jepang

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai buah tangan dari kunjungan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial ke dua kota sister city (kota saudara) Kota Bandung, yakni Kota Toyota dan Kota Hamamatsu di Jepang.

Perawat asal Kota Bandung kini memiliki kesempatan untuk magang di Kota Toyota. Tak hanya itu, Kota Bandung juga menguatkan kerja sama dengan Kota Hamamatsu di bidang lingkungan hidup.

“Saya kemarin ke Toyota dan Hamamatsu dan oleh-oleh di dua kota itu saya mengadakan kerja sama. Kita menyepakati kerja sama di bidang kesehatan, yakni pembukaan kesempatan magang untuk perawat asal Kota Bandung,” ungkap Wali Kota Bandung, Oded M. Danial di Masjid Pusdai, Jalan Diponegoro, Bandung, Senin (1/7/2019).

Baca Juga:  Aksi Kolosal Tari Selendang, 1040 Guru Majalengka Dapat Penghargaan

“Untuk kerja sama dengan Toyota, nanti leading sector di Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung dan Toyota,” ujarnya.

Sedangkan dengan Kota Hamamatsu, kerja sama di bidang lingkungan khusus perihal pengelolaan air akan ditindaklanjuti oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kota Bandung dan PDAM Tirtawening.

Baca Juga:  Danyonarmed 12 Kostrad: Karate Mampu Cetak Karakter Sejak Dini

“Di Hamamatsu itu kerja sama bidang lingkungan, pertama itu PDAM juga dengan lingkungan hidup, kemarin bersama DLHK. Baik dari sisi pemagangan, terus transformasi teknologi dan lain sebagainya, terutama PDAM seperti bagaimana kita menangani kebocoran dan sebagainya,” katanya.

Perlu diketahui, kerja sama Kota Bandung dengan Kota Toyota memang telah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Ruang lingkup kerja sama keduanya yaitu informasi dan teknologi, sistem transportasi berkesinambungan, aktifitas lingkungan hidup, kesejahteraan sosial, pendidikan, pemberdayaan sumber daya manusia, dan reformasi administrasi

Baca Juga:  Karena Narkoba, Anggota Polres Purwakarta Di Tes Urine

Sedangkan kerja sama dengan Kota Hamamatsu diantaranya pertukaran stakeholder yang berkaitan dengan pengembangan kota kreatif, pelatihan yang berkaitan dengan lingkungan hidup, pemeliharaan lingkungan (konservasi), pengelolaan sampah, manajemen air bersih dan limbah, pertukaran kegiatan bisnis, dan pertukaran dan kerja sama di antara lembaga pendidikan dan penelitian. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat