Geliatkan Ekonomi, Objek Wisata Situ Cipanten Akan Kembangkan UKM

JABARNEWS | MAJALENGKA – Banyaknya pengunjung yang datang ke Situ Cipanten di Desa Gunung Kuning Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka membuat pemerintah desa mengucurkan bantuan dana. Selain itu, Gubernur Jawa Barat melalui Pemprov juga berencana untuk membangun kios-kios Usaha Kecil Menengah (UKM) di sekitar area Cipanten.

Program adanya penambahan fasilitas ini, tentu saja disambut baik. Sebagai catatan, dalam libur sehabis lebaran pengunjung yang datang dalam sehari mencapai seribu orang lebih. Pengunjung tambah betah karena saat ini sudah ada fasilitas tambahan, seperti jembatan, perahu besar untuk selfie, serta wahana air yang bisa digunakan untuk menyusuri kolam Cipanten.

Baca Juga:  Ciee.. Masa Mudik Lebaran 2019 Tarif Tol Diskon 15 Persen

Ketua Karang Taruna Mangun Jaya yang dipercaya mengelola Situ Cipanten, Yosep Hendrawan mengatakan bantuan dana desa senilai 190 juta itu telah sangat membantu pengelolaan. Sehingga, pengunjung yang datang ke Situ Cipanten terus bertambah jika wekend atau libur tanggal merah.

Baca Juga:  Medsos Picu Banyak Kasus Cerai Di Karawang

“Kita ucapkan terima kasih kepada pemdes, itu sudah kita realisasikan membangun penambahan fasilitas. Pengunjung semakin bertambah,” ungkapnya, Minggu (21/7/2019).

Yosep menjelaskan kegembiraan pengelola juga bertambah karena berdasarkan informasi dari desa dan kecamatan, Gubernur Jabar juga akan menggelontorkan anggarannya untuk membuat kios-kios UKM di sekitar area Cipanten.

“Sehingga nantinya, pengunjung bisa ngopi-ngopi dan bersantai dengan varian menu yang berbeda-beda. Termasuk oleh-oleh khas Kecamatan Sindang,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Dian (32) mengatakan pihaknya bersama keluarga sengaja liburan ke tempat yang ada nuansa airnya. Ia kaget karena saat ini sudah banyak perubahan. Sebetulnya ia mau datang sewaktu libur lebaran kemarin, namun baru kesampaian hari ini.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Berikan Penyuluhan Bahaya Narkoba kepada Generasi Muda

“Hanya saja lihat di sosmed, semua obyek wisata penuh. Termasuk di sini. Sekarang ramai juga. Saya takjub juga, sudah banyak perubahan di sini,” ungkapnya. (Rik)

Jabar News | Berita Jawa Barat