Bupati Purwakarta Siapkan Bantuan UMKM di Tahun 2020

JABARNEWS | PURWAKARTA – Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menjadi salah satu andalan pendapatan Pemerintah Daerah (Pemda) Purwakarta di Jawa Barat.

Terkait itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyatakan Kabupaten Purwakarta kini tengah berkonsentrasi penuh terhadap program peningkatan UKM masyarakat sekitar. Untuk mendorong potensi UMKM di Purwakarta berbagai program sudah disiapkan diantaranya penguatan packaging hingga bantuan usaha.

“2020 kita sudah siapkan melalui dinas perdagangan sudah kita siapkan bantuan usaha UMKM jadi dari mulai yang sudah ada jadi kita dorong Packagingnya supaya punya nilai jual lebih,” ujar Anne di Purwakarta. Senin (22/7/2019).

Baca Juga:  Loker Sales Mayora, Buruan Cek Syaratnya Sebelum Ditutup!

Salah satunya adalah mendorong kuliner tradisional diantaranya kue-kue basah, kripik pisang dan lainnya. Bahkan para pelaku UMKM bisa memanfaatkan galeri menong sebagai etalase pemasaran produknya.

“Akan kita dorong, adapun untuk keripik pisang juga ini yang kita harapkan, membangun packagingnya manfaatkan galeri menong,” jelas Anne.

Baca Juga:  Uu Ruzhanul Ulum Sebut Budaya Adalah Benteng Moral dan Akhlak

Selain itu, pihaknya juga akan membuat galeri menong ke 2, dimana titiknya berdekatan dengan Taman Air Mancur Sri Baduga (Situ Buleud), apalagi menurut mantan mojang 1999 Purwakarta, jumlah kunjungan masyarakat setiap akhir pekan mencapai 30 ribu.

“Akan kita siapkan tempat untuk pemasarannya melalui galeri menong, akan kita buatkan galeri menong ke 2 tempatnya strategis pas masuk ke gedung negara karena tepat berhadapan dengan tempat wisata air mancur Sribaduga,” kata Anne.

Baca Juga:  Ditarget Selesai Bulan Ini, Pemasangan Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung Gunakan Metode Canggih

Selain itu, secara bertahap akan di bangun galeri menong lainnya, terutama di wilayah yang memiliki potensi pariwisata.

“Nah disitu semua produk Purwakarta akan ada. Galeri menong kita siapkan 5 titik secara bertahap di tempat-tempat pariwisata yang akan kita dorong seperti Gunung Parang, Wanayasa, kemudian Sukasari. Mudah-mudahan ini bisa menumbuhkan UMKM yang ada di Purwakarta,” pungkas Anne. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat