KPU Purwakarta Gelar Rapat Pleno Tetapkan 45 Caleg Terpilih

JABARNEWS | PURWAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta menetapkan 45 caleg terpilih pada Pemilu 2019 sebagai anggota dewan untuk periode lima tahun kedepan.

Penetapan tersebut melalui rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon anggota DPRD Kabupaten Purwakarta terpilih periode 2019-2024 yang digelar di Ballroom Hotel Harper Purwakarta, Senin (22/7/2019). 

Berdasarkan pantauan jabarnews.com, ada 22 caleg adalah muka-muka baru yang didominasi oleh caleg generasi milenial dan ada 23 caleg petahana yang duduk kembali di Gedung Dewan Ciganea untuk periode 2019-2024 .

Rapat pleno tersebut dihadiri oleh unsur Muspida, Bawaslu Purwakarta dan seluruh perwakilan partai politik peserta Pemilu 2019 yang ada di Kabupaten Purwakarta. 

Dari buku profil anggota DPRD terpilih Kabupaten Purwakarta periode 2019-2024 yang dikeluarkan oleh KPU Kabupaten Purwakarta diperoleh keterangan sebagai berikut:

Di daerah pemilihan Purwakarta 1 yaitu Kecamatan Purwakarta Kota. Dari 8 kursi yang diperebutkan, 8 partai mendapatkan masing-masing 1 kursi.

Ada 5 petahana yang masih bertahan, diantaranya: dari PKB Alaikassalam dari Gerindra Fitri Maryani, dari Demokrat Haerul Amin Prasetya, dari PDIP Warseno dan dari PPP Yanthi Nurhayati. 

Baca Juga:  Mengeksplor Tahura Juanda, Sebagai Destinasi Wisata Alam Bandung

Sementara ada 3 muka baru yang berasal dari 3 partai diantaranya ada dari PAN Agus Sugianto dari PKS Dedi Juhari dan dari Golkar ada nama; Tuti Rohani.

Di daerah pemilihan 2 Purwakarta, yang meliputi Kecamatan Campaka, Cibatu, Bungursari dan Babakan Cikao, ada 7 nama caleg petahana yang duduk kembali sebagai wakil rakyat, diantaranya; ada Ketua DPC PKB Purwakarta, Neng Supartini dan Ketua DPC Partai Gerindra Purwakarta, Sri Puji Utami.

Sementara dari PAN ada Agus Sundana, Demokrat Amas Mastur, Golkar Ahmad Sanusi dan Anita Diana, dari PDIP ada nama; Ina Herlina. Dua nama lainnya, yang tergolong muka baru, berasal dari Nasdem yaitu Conrad Surawijaya dan dari PKS ada nama Moh. Arief Kurniawan.

Untuk daerah pemilihan Purwakarta 3, yang meliputi Kecamatan Pasawahan, Pondoksalam, Wanayasa dan Kiarapedes, hanya ada 2 nama caleg petahana yang mempertahankan kursi legislatif, yakni dari PKB, Ahmad Sumita Sutjana dan dari PDIP, Lina Yuliani.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Keuangan 4 Juni 2022, Pemilik Rasi Bintang Gemini dan Cancer

Untuk 5 kursi lainnya, diisi oleh wajah baru yang berasal dari 4 partai, yaitu: dari Hanura Muhsin Junaedi, dari Golkar Yulian Irsyafri dan Akun Kurniadi, dari PKS Didin Hendrawan dan dari Gerindra Said Ali Azmi.

Untuk daerah pemilihan Purwakarta 4, yang meliputi Kecamatan Darangdan dan Bojong, dari 6 kursi yang diperebutkan, Partai Golkar dan Gerindra masing-masing meraih 2 kursi. Dari Gerindra ada nama putra Mantan Sekda Ruslan Subanda yaitu Rifky Fauzi melenggang kembali dan ada muka baru, Zyusef Gusnawan.

Untuk Golkar, ada 2 petahana yang melenggang kembali yaitu pengusaha manggis, Oja Sutisna dan politisi senior partai Golkar Enah Rohanah. Dua kursi lainnya adalah PKB, Zaenal Arifin dan PDIP Ujang Rosadi.

Di daerah pemilihan Purwakarta 5 yang meliputi Kecamatan Plered, Tegalwaru dan Maniis, hanya ada 1 petahana yang sanggup bertahan, yaitu Andri Yani dari Partai Gerindra.

Baca Juga:  Jangan Dianggap Enteng, Ini Efek Pemanis Buatan bagi Tubuh

Sementara 7 kursi lainnya diraih wajah-wajah baru yang didominasi oleh generasi milenial diataranya, dari PKB ada Ceceng Abdul Qodir, Golkar ada Dias Rukmana Praja dan Rahman Abdurrahman, Nasdem ada Devi Mutiara Sari, wanita cantik ini diketahui sebagai adik dari Ketua DPD Partai Nasdem Purwakarta, Astri Novita Sari, yang belum beruntung bertarung di Dapil 6.

Dari PDIP ada Yadi Nurbahrum, yang tercatat sebagai Ketua PAC PDIP Kecamatan Maniis, lalu dari PKS ada Asep Nuryani dan dari PPP ada Neneng Sri Kustimah.

Kemudian, dari daerah pemilihan Purwakarta 6, yang meliputi Kecamatan Jatiluhur, Sukatani dan Sukasari, ada 4 petahana yang bakal duduk kembali sebagai wakil rakyat, diantaranya dari Golkar ada Komarudin dan Putrianti Putik Harumewangi, dari Demokrat Asep Chandra Teja Kusmana dan dari PKB Hidayat.

Untuk 3 muka baru dari dapil tersebut diantaranya ada Ketua MPC Pemuda Pancasila Nina Heltina yang maju lewat Partai Gerindra. (Gin

Jabar News | Berita Jawa Barat