Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Inovasi Desa

JABARNEWS | PURWAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Inovasi Kabupaten Program Inovasi Desa (PID), di Hotel Intan, Kelurahan Sindangkasih, Purwakarta, Rabu (24/7/2019).

Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi Desa, DPMPD Kabupaten Purwakarta, Asep Suparman mengatakan Program Inovasi Desa secara umum diharapkan nantinya mampu meningkatkan kualitas penggunaan Dana Desa untuk pembiayaan kegiatan pembangunan desa yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan produktifitas desa.

Baca Juga:  Berawal dari Passion, Capai Kepuasan Hobi Hingga Financial

Menurut Asep, menjadi hal yang penting dan strategis untuk mengoptimalisasikan program inovasi desa dalam pelaksanaan pembangunan, pemberdayaan dan perencanaan prioritas dana desa.

“Tujuannya meningkatkan efektivitas penggunaan dana di desa melalui proses pengelolaan pengetahuan secara sistematis, terencana dan partisipatif,” katanya.

Baca Juga:  Teras Sunda Dirancang Jadi Destinasi Baru Di Kota Bandung

Tak hanya itu, lanjut dia, meningkatkan kapasitas pemerintah desa dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa secara lebih inovatif dan berkualitas.

“Selain itu, memfasilitasi peningkatan kapasitas desa untuk mewujudkan replikasi atau adopsi kegiatan inovasi desa. Serta meningkatkan kapasitas kelembagaan kader pemberdayaan masyarakat desa dan kader pemberdayaan manusia dalam rangka pemenuhan kebutuhan layanan sosial dasar masyarakat desa,” ucapnya.

Baca Juga:  Mau Mudik ke Kota Bandung? Jangan Dulu Berangkat, Baca Ini!

Selain itu dalam rakor tersebut juga merumuskan langkah-langkah pemecahan masalah yang timbul selama pelaksanaan program inovasi desa.

“Melalui program inovasi desa diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif,” harapnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat