Bentuk Karakter Siswa, SMK Taruna Sakti Purwakarta Gandeng Yonarmed 9 Pasopati Kostrad

JABARNEWS | PURWAKARTA – Untuk memebetuk karakter kedisiplinan Ratusan calon Taruna-Taruni SMK Taruna Sakti Purwakarta, mengikuti Masa Bimbingan Taruna (MABINTAR) yang di Markas Bataliyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Purwakarta, pada Minggu (21/7/2019).

Kepala sekolah SMK Taruna Sakti Purwakarta, Yayang Gilang Sonjaya mengatakan, Kegiatan Mabintar yang akan dilaksanakan hingga Jumat (26/7/2019) nanti itu, di ikuti sebanyak 470 siswa yang terdiri dari kelas 10, 11, dan 12 SMK Taruna Sakti Purwakarta, yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa yang disiplin dan berkualitas sehingga mampu menghadapi tantangan di masa depan.

“Konsep nya seperti itu, karena ini kan generasi milenial dan harus dibuat tantangan-tantangan tersendiri. Karena saat ini yang diperlukan bukan hanya kebutuhan kecerdasan saja tapi diperlukan juga kedisiplinan dan mental yang kuat,” ucap Gilang sapaan karibnya, saat ditemui usai kegiatan pembukaan Mabintar.

Baca Juga:  Selama Ramadhan, Polres Purwakarta Amankan 12 Tersangka Narkoba

Kenapa dipilih di Batalyon Armed 9 Pasopati Kostrad ini tempat digelarnya Mabintar, Gilang menambahkan, selain lokasinya cukup dekat juga kelengkapan pasilitas yang ada serta para pembina dari prajurit YonArmed, sesuai yang diperlukan Siswa Taruna Sakti dalam pelaksanaan Mabintar.

“Disini (Yonarmed 9 Pasopati Kostrad.red) merupakan kawah candra di muka, karena selain fasilitas cukup lengkap juga dipercaya para pembina yang mendidik siswa Taruna Sakti nanti mampu membentuk karakter siswa sesuai yang kita semua harapkan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Simak! Ini Ramalan Zodiak Keberuntungan dan Keuangan Sabtu 16 Januari 2021

Ditempat yang sama, Danyon Armed 9 Pasopati Kostrad, Mayor Arm Andi Achmad Afandi menyambut positif atas kepercayaan pihak SMK Taruna Sakti dan orang tua siswa untuk membina karakter anak-anak nya di markas tersebut.

Menurut Danyon, hal tersebut merupakan bagian dari amanah pendidikan, terlebih siswa merupakan generasi penerus bangsa Indonesia.

“Kita menyambut positif dan mudahan keberadaan kita di Purwakarta ini memberikan dampak positif juga terutama di bidang pendidikan, terlebih kegiatan ini dalam rangka membentuk karakter generasi penerus bangsa. Ke siapa lagi kita memberikan manfaat yang positif kalau bukan ke generasi penerus bangsa, salah satunya siswa SMK Taruna Sakti Purwakarta.” Jelas perwira TNI yang terkenal dengan keramahannya itu.

Baca Juga:  Ini Suara Hati Siswa Yang Sekolahnya Kena Longsor

Ditambahkan Danyon, selama siswa mengikuti MABINTAR, siswa akan diberikan berbagai teori hingga materi lapangan seperti layaknya prajurit TNI. Hal tersebut merupakan bagian dari pembentukan karakter dan kedisiplinan agar siswa siap menghadapi segala tantangan dimanapun berada.

“Tidak usah khawatir, kita disini tujuannya bukan untuk menyiksa siswa tetapi untuk membantu para orang tua dan sekolah, agar anaknya terbentuk karakternya, diharapkan dia akan lebih peduli terhadap dirinya sendiri, lebih disiplin, lebih mandiri dan siap menghadapi tantangan yang begitu kompleks di luar sana,” tegas Andi. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat