Ketua DPRD Jabar Setujui SMK Dievaluasi

JABARNEWS | BANDUNG –  Sebagai upaya perbaikan sistem pendidikan kejuruan, Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi akan segera melakukan evaluasi terhadap SMK. Karena hingga saat ini sekolah menengah kejuruan (SMK) masih penyumbang pengangguran terbesar.

“Jadi evaluasi ini untuk perbaikan, kemudian kalau ada SMK baru harus disesuaikan dengan kebutuhan” demikian dikatakan Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, Rabu (31/7/2019).

Baca Juga:  Mengenal Manfaat Tanaman Tanduk Rusa Bagi Kesehatan, Bisa Atasi Radang Rahim

Menurutnya terdapat banyak faktor yang membuat SMK disebut sebagai penyumbang pengangguran terbanyak di Jabar, salah satunya jumlah lulusan yang banyak, dan adanya ketidaksesuaian kriteria menjadi salah faktor yang mempengaruhi tidak terserapnya lulusan SMK.

Baca Juga:  Mengenal Istilah-istilah Dalam Makanan Jepang, Kalian Sudah Tau?

SMK itu lulusannya ada setiap tahun, sehingga harus menjadi pemikiran dan evaluasi bersama bahwa lulusan SMK memiliki kriteria-kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan” ujarnya.

Kedepan kalau memang ini dikatakan (penyumbang pengangguran) ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita” ucapnya menambahkan.

Baca Juga:  Jelang Akhir Tahun, Harga Bahan Pokok di Pasar Cipanas Cianjur Naik

“Saya ingin kedepan SMK memberikan solusi untuk memenuhi kebutuhan industri Jawa Barat” tandasnya.

Lebih lanjut Ineu berharap, rencana evaluasi tersebut dapat melahirkan lulusan SMK yang dapat memenuhi kebutuhan kondisi industri di Jawa Barat. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat