Kemendikbud RI Pantau Langsung Gernas Baku di Sindanghaji Majalengka

JABARNEWS | MAJALENGKA – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) memantau langsung Gerakan Nasional Membaca Buku (Gernas Baku)‎ secara serempak se-Indonesia. Di Kabupaten Majalengka, pelaksanaan Gernas Baku ini dipusatkan di Kelompok Bermain (KB) Nurul Huda di Desa Sindanghaji Kecamatan Palasah.

Untuk mendapatkan pemantauan langsung oleh Kemendikbud RI ini, tidak mudah. Ada berbagai tahapan pendaftaran dan seleksi dokumen kegiatan. Ketua Penyelenggara KB Nurul Huda, Dodi Jaya awalnya kaget, karena dari seluruh Indonesia, lembaganya termasuk dalam pemantauan langsung Kemendikbud.

Pemantauan ini pun serentak dilakukan bersama 12 titik lokasi yang dipantau. Ke 12 itu yakni Majalengka, Garut, Serang, Kalimantan Tengah, Lampung, Bandung, Jakarta Utara, Palembang, Banda Aceh, Sidoarjo.

Baca Juga:  Walikota Tasikmalaya Buka Turnamen Gala Desa 2017

“Awalnya kaget ketika menerima surat minggu lalu. Karena KB Nurul Huda akan dipantau langsung untuk pelaksanaan Gernas Baku. Namun kami bangga juga, dengan begitu kami semakin semangat.” ujar Ketua Penyelenggara Kelompok Bermain (KB) Nurul Huda, Dodi Jaya, kepada Jabarnews.com, Sabtu (27/7/2019).

Dodi menambahkan, pihak pemantau dari Kemendikbud, datang pada pagi hari sekitar pukul 08.00 WIB. Petugas pemantau itu menyaksikan bagaimana para orangtua siswa Paud membacakan buku. Setidaknya 28 orangtua siswa terlibat langsung membacakan buku kepada anak-anaknya.

Baca Juga:  Gemar Pakai Make Up? Yuk, Kenali Beberapa Jenis Bedak Ini Agar Lebih Cantik

“Selanjutnya, si anak tadi ditanya atau direview terkait apa yang telah didengarnya. Setelah mendengarkan ibunya membacakan buku. Rata-rata mereka bisa menjawab, meski ada satu dua yang kehilangan kata, dan malu-malu,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu orang tua siswa, Anis Ginasela (26) mengatakan, dirinya membacakan buku kisah Rasulullah SAW dan tauladan yang baik. ‎Ia sendiri suka membacakan buku di rumahnya.

“Alhamdulilah anak saya cukup respon. Dia tadi ditanya dan bisa lancar menjawab,” ujarnya.

Orangtua lainnya, Eti Suhaeti mengatakan, ia membacakan buku cerita hewan kepada anaknya. Dan anaknya mampu mereview kembali apa yang telah didengarnya.

Baca Juga:  Titik Terang Pembangunan Jalan Tol Parung Panjang-Rumpin: Mulai Dikerjakan Akhir Tahun Ini

“Saya senang sekali. Apalagi ini dipantau langsung oleh pusat. Semoga saja Majalengka menjadi pemenangnya. Karena Majalengka cuma di sini yang dipantau,” ungkapnya.

Berdasarkan tahapannya, pengumuman pemenang dari program Gernas Baku se-Indonesia ini, akan dimumkan secara resmi pada 23 Agustus 2019 mendatang. Pemantau dari Kemendikbud RI juga tidak mengatakan apapun terkait hasil pemantauannya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bunda Literasi Kecamatan dan Penilik Paud Kecamatan Palasah. (Rik)

Jabar News | Berita Jawa Barat