bjb

Dilanda Kekeringan, Pemkab Cianjur Keluarkan Surat Imbauan Gelar Shalat Istiqa

Plt Bupati Cianjur, H. Herman Suherman. (Foto: Humas Pemkab Cianjur)

JABARNEWS | CIANJUR - Pemerintah Kabupaten Cianjur merencanakan pelaksanaan Shalat Istiqa sebagai upaya untuk memohon kepada Allah SWT agar menurunkan hujan saat musim kemarau berlangsung.

Pemkab Cianjur mengeluarkan surat imbauan untuk melakukan sholat istisqa secara serentak Jumat (9/8/2019), menyikapi musim kemarau panjang yang mengakibatkan terjadinya kekeringan di sebagian besar wilayah tersebut.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur, mengatakan memasuki bulan ke empat musim kemarau sejumlah lokasi di Cianjur, mengalami kekeringan yang mengakibatkan sejumlah lahan mengalami gagal panen dan wilayah lainnya teracam gagal panen. Kamis (8/8/2019).

"Musim Kemarau yang berkepanjangan mengakibatkan warga di sejumlah lokasi kesulitan mendapatkan air bersih dan lahan perkebunan serta persawahan terkena dampak," katanya.

Untuk mengatasi kekeringan di sejumlah lokasi, pihaknya memerintahkan dinas terkait dan Perumdam Cianjur, untuk memberikan bantuan ke wilayah yang terkena dampak kekeringan.

"Sejumlah lokasi sudah diberikan bantuan seperti pasokan air bersih, sumur buatan dan tempat penampungan air serta dilakukan penyuluhan ke sejumlah kelompok petani dalam menanggulangi dampak kekeringan," jelasnya.

Baca Juga:

Sempat Dipasung Dua Tahun, Warga Cianjur Akhirnya Dibebaskan

10 Dari 17 Kecamatan di Kabupaten Purwakarta Terancam Kekeringan

Pihaknya juga mengingatkan jajarannya untuk selalu siap siaga menghadapi kekeringan, tidak hanya soal pasokan air bersih, tetapi juga kemungkinan terjadinya kebakaran.

"Saya mengimbau warga Cianjur untuk melakukan sholat istisqa secara serentak pada Jumat (9/8/2019), melalui surat imbauan yang diberikan pada kepala desa dan camat se-Cianjur, dengan harapan Sang Pencipta segera menurunkan hujan," katanya.

Berdasarkan data yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur, terdapat 13 Kecamatan yang terdampak kekeringan. Bahkan akibat kekeringan ribuan hektare area pertanian mengalami gagal panen atau puso.

Herman menghimbau warganya hemat menggunakan air dan menginstruksikan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menyalurkan air bersih ke daerah-daerah yang kekurangan air. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Musim Kemarau Shalat Istiqa Bupati Cianjur Surat Imbauan

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi