bjb

Tanpa Kupon, Masjid Raya Bandung Bagikan Daging Kurban

Pembagian hewan kurban menggunakan besek. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG - Panitia Penyelenggara Idul Adha di Masjid Raya Bandung melalui petugas pemotongan hewan akan membagikan daging kurban itu langsung kepada warga yang berhak tanpa menggunakan kupon pada Idul Adha 1440 Hijriah.

"Pokoknya begitu ada (masyarakat, red.) yang antre, disuruh masuk, nanti kita kasih (daging, red.). Pengalaman pakai kupon itu nanti jumlah banyak, menjeda antrean per panggilan dan nggak selalu dapat urutan di depan," kata Wakil Ketua DKM Masjid Raya Bandung Muhammad Sulhan di Masjid Raya Bandung, Sabtu (10/8/2019).

Masyarakat penerima daging kurban, kata dia, akan dipersilakan antre ketika proses pencacahan daging mencapai 75 persen. Setelah itu, daging kurban akan langsung dibagikan.

"Prinsipnya kalau dahulu dibuka hanya satu pintu dan itu tidak kondusif, kita menghindari risiko keamananlah. Untuk tahun ini, kita inisiatif buka dua sampai tiga pintu. Nanti begitu masuk, kita bagi lalu mereka bisa langsung keluar," katanya.

Dalam pembagian daging kurban, pihak Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) berupaya untuk mendukung program pemerintah agar menggunakan kantung ramah lingkungan, salah satu alternatifnya menggunakan dua ribu besek berbahan ubi.
Baca Juga:

Idul Adha Jatuh Pada 11 Agustus

Bupati Anne Minta Daging Kurban Tidak Dibungkus Plastik


"Tahun kemarin sembilan sapi, sedangkan untuk penerima kita estimasi ada peningkatan, kalau kemarin 3.000 sampai 4.000, kemungkinan sekarang naik bisa sampai 5.000," kata dia.

Berdasarkan data terbaru, pada 2019 Masjid Raya Bandung akan melaksanakan penyembelihan hewan kurban berjumlah 10 ekor sapi dan belasan kambing. Hewan kurban yang disembelih termasuk sapi limosin dari Presiden RI Joko Widodo. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Idul Adha Hewan Kurban Pembagian Kurban Masjid Raya Bandung

berita terkait

Kemenag gelar Sidang Isbat Awal Zulhijjah 1440H pada 1 Agustus

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi