bjb

Haul Buyut Tayyib ke-2, Warga Doa Bersama Untuk Ciremai

Ratusan warga Rajawangi, Kecamatan Leuwimunding, Majalengka doa bersama dalam acara haul Mbah Buyut Tayyib, Selasa (13/8/2019). (Foto: Erik/JabarNews)

JABARNEWS | MAJALENGKA - Ratusan warga Desa Rajawangi, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka menggelar Haul Buyut Mbah Tayyib yang ke-2 serta melakukan doa bersama ‎agar kebakaran di Gunung Ciremai padam dan tidak merambat ke wilayah lain. 

Ketua Panitia, Apipudin mengatakan Haul Mbah Buyut Tayyib ini digelar dengan tujuan untuk menghimpun kekompakan masyarakat desa Rajawangi, sementara untuk haul pertama kalinya digelar pada tahun 2018 lalu.

"Sekalian haul, kami juga menggelar doa bersama. Isinya mendoakan kebakaran di Gunung Ciremai tidak meluas dan segera padam. Serta kami berdoa agar hujan segera turun," ungkapnya, usai beres acara haul dan doa bersama, Selasa sore (13/8/2019).

Apipudin mengatakan ‎sekitar area Mbah Buyut Tayyib memang masih terawat pohon-pohon besar, sehingga sumber air diharapkan tetap ada sampai kapanpun.

"Dengan adanya Haul ini, juga menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan, sekaligus edukasi kepada masyarakat untuk bersama-sama melindungi pepohonan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Rajawangi, Mansur mengatakan ‎kegiatan Haul ini sebagai upaya silaturahmi khususnya keturunan dari Mbah Buyut Tayib . Selain itu, pihaknya sepakat untuk menjaga dan menjadikannya sebagai asset desa untuk menjadi wisata budaya dan religi.
Baca Juga:

Kebakaran Gunung Ciremai Habiskan 343 Hektare Lebih Habitat Edelweis

Kebakaran Puncak Gunung Ciremai Sudah Padam


"Alhamdulillah, area buyut ini sudah dibiayai dan direhab oleh dana desa. Semoga dengan dibangunnya ini bisa menjadi pendapatan desa. Banyak pengunjung yang datang ke sini," ungkapnya.

Sementara itu perwakilan dari Pemkab Majalengka, Hendra Krisniawan memaknai kegiatan tersebut sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. ‎Majalengka tengah giat-giatnya menyongsong pariwsiata, termasuk wisata religi, karena dinilai bisa mengungkit wisata di daerah.

"Bebuyutan dan acara haul yang rutin dilaksanakan, bisa mendatangkan pengunjung luar datang ke sini," ujarnya. (Rik)

Jabar News | Berita Jawa Barat


Tags : Gunung Ciremai Haul Buyut Tayib Kebakaran Lahan Wisata Relegi

berita terkait

Masih Ada Titik Api di Puncak Gunung Ciremai

Kebakaran Hutan Lagi, Ekspor Asap Lagi

Fenomena Kebakaran Hutan Kembali Terjadi di Indonesia

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi