Gaung Pilkades Serentak 2019, Warga Bandung Antusias Daftar Pilkades

JABARNEWS | BANDUNG – Meski Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, tinggal beberapa bulan lagi. Namun gaungnya terbilang ramai, setidaknya ada lima (5) nama bakal calon (balon) mengemuka dan siap mendaftar. Mereka yaitu H. Sesep Ruhiat (petahana), Edi Juarsa, Pipin Saripin, Cep Rida dan Yusri.

Meski tahapan pendaftaran balon belum dibuka, ke-5 nama balon tersebut ramai diperbincangkan.

“Jelang Pilkades Cinunuk dan sekarang ramai mengemuka 5 nama balon sah-sah saja. Bahkan bukan hanya 5 nama, tetapi 10 nama balon kini mengumuka. Yang pasti nama balon nanti akan diketahui setelah tahapan pendaftaran, seleksi dan penetapan calon,” kata Ketua panitia Pilkades Enang Syam di Sekretariat panitia Pilkades. Minggu (21/7/2019).

Baca Juga:  Mengulas Misteri Ikan Dewa di Tempat Wisata Pemandian Cibulan Kuningan

Didampingi Ketua Badan Permusyawaratan Desa Cinunuk, R. Setiawan dan Bhabinkamtibmas Desa Cinunuk, Aipda Heri Maryadi, Enang mengatakan, saat ini jelang Pilkades Cinunuk memasuki tahapan sosialisasi. Sosialisasi menurut Enang telah gencar dilakukan.

“Sosialisasi melibatkan panitia, ketua RW dan RT serta tokoh masyarakat bagaimana agar tingkat partisipasi masyarakat tinggi dalam Pilkades. Apalagi hak pilih di Desa Cinunuk nyaris 36 ribu terbanyak se-Kecamatan Cileunyi,” katanya.

Baca Juga:  Kapolda Jabar Apresiasi Program Berbasis Kebudayaan Di Purwakarta

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Cinunuk, Aipda Heri Maryadi berharap jelang, hari H dan pasca Pilkades Cinunuk situasi Kamtibmas di Cinunuk tetap aman dan kondusif.

“Bagaimana pun sisi Kamtibmas di Pilkades Cinunuk paling utama. Jika saja kamtibmas jelang hari H dan pasca Pilkades terjaga insya Allah warga Desa Cinunuk akan nyaman meski beda sudut pandang dan beda pilihan,” kata Heri.

Sedangkan H. Sesep Ruhiat (petahana) dan Edi Juarsa balon kades yang kini namanya mencuat keduanya siap maju di ajang Pilkades Cinunuk.

Baca Juga:  Jambret Smartphone Pelajar, Mantan Residivis Asal Asahan di Tembak

“Insyaallah saya siap bertarung di Pilkades Cinunuk dan sudah mulai melengkapi persyaratan persyaratan,” kata Sesep.

Seperti diketahui, di Kecamatan Cileunyi bukan hanya Desa Cinunuk yang akan menggelar Pilkades serentak 24 Oktober mendatang. Menurut Camat Cileunyi, Solihin, dari 6 desa, 5 desa di Kecamatan Cileunyi akan mengikuti Pilkades serentak di 199 desa di Kabupaten Bandung. Ke-5 desa teresebut, kata Solihin, Desa Cinunuk, Cibiru Wetan, Cimekar, Cileunyi Kulon dan Desa Cileunyi Wetan. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat