Akan Ada Wahana Wisata Kereta Api Bersejarah di Jabar, Yuk Catat Tanggalnya

JABARNEWS | BANDUNG – Event ‘Smiling West Java Historical Railway Tour’ yang berlangsung pada 21-22 Agustus 2019 telah dipersiapkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menggaet wisata mancanegara dari Eropa dengan wahana wisata kereta api bersejarah.

Kepala dinas pariwisata dan kebudayaan provinsi Jawa Barat Dedi Taufik mengatakan, lewat event ini pihaknya ingin mempopulerkan wisata baru. Event ini merupakan rangkaian peringatan HUT Provinsi Jawa Barat ke 74.

“Tujuannya adalah mengenalkan jejak sejarah di Jabar. Mengingat, perkembangan kereta api di Indonesia tak lepas dari kolonialisme, juga untuk melestarikan sejarah perkeretaapian di Jabar” kata Dedi, Rabu (14/8/2019).

Menurut Dedi, pada zaman kolonialisme, kereta api dimanfaatkan sebagai alat transportasi pembangunan infrastruktur dan mobilisasi pejabat pemerintahan Belanda. Bahkan, hingga saat ini jalur, hingga stasiun peninggalan pemerintahan Belanda masih berfungsi.

Baca Juga:  Hadapi Mudik,KAI Siapkan 40 Kereta Tambahan

“Kita ingin peninggalan sejarah ini tidak hanya menjadi edukasi saja tapi juga destinasi wisata ke depannya,” ujarnya.

Dedi menuturkan, ‘Smiling West Java Historical Railway Tour’ menjadi cara menggambarkan dan menggali potensi yang bisa dikembangkan dari perkeretaapian. Terutama jalur kereta api Kota/Kabupaten Bogor, Kota/Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.

Dedi mencontohkan, gambaran peninggalan zaman kolonialisme yang masih eksis di antaranya Stasiun Bogor. Menurut beberapa ahli, Stasiun Bogor terbilang mewah dengan dua tingkat karena diperuntukkan khusus untuk jenderal Belanda.

“Kita hampir tidak mengetahui masa kolonial perang dunia ke-2, ternyata Nazi Jerman masuk ke Jabar. Di antaranya ke kawasan Lido (perbatasan Bogor-Sukabumi) dan Cisaat terdapat kuburan tentara ex Nazi,” ucapnya.

Baca Juga:  Harper Purwakarta Bagikan Bingkisan Untuk Aparat Yang Berjaga

Dalam tur ini direncanakan akan melewati terowongan Lampegan. Di sana, pejabat yang akan diundang seperti Gubernur Jabar, Dubes Jerman, Inggris dan Belanda akan disuguhi pemandangan alam yang indah, seperti kebun teh atau kawasan Gunung Padang.

“Tujuan akhir tur ini kita ingin mengungkap bahwa kereta api yang melewati jalur-jalur pedalaman di Jabar memiliki surga-surga yang tersembunyi,” ucap dia.

Dedi mengaku, saat ini wisatawan mancanegara masih didominasi negara-negara Asia seperti Malaysia, Singapura, Jepang dan Tiongkok. Berdasarkan data BPS, pada Januari-Februari 2019 wisman ke Jabar mencapai 27.701 orang.

Jumlah tersebut meningkat meningkat 16,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2018. Wisman asal Negeri Jiran mendominasi mencapai 18.636 orang. Jumlah itu meningkat dibandingkan periode yang sama pada 2018 yang tercatat 16.724 orang.

Baca Juga:  Jabar Targetkan 12,6 Juta Ton Panen Padi

Melihat itu, Dedi mendorong agar wisata sejarah jalur kereta api ke depannya menjadi daya tarik baru bagi turis asing khususnya Eropa. Ia yakin wisata sejarah dan alam itu akan diminati pelancong negara-negara Eropa seperti Belanda, Jerman dan Inggris.

Pihaknya akan menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai fasilitator dari wisata tersebut. Sehingga, ke depannya wisata ini bisa dinikmati masyarakat umum baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

“Kedepannya tentu kita siap dibuka untuk umum. Karena kita mengincar kunjungan wisata khususnya wisatawan dari Eropa,” tutur Dedi.

Program darmawisata napak tilas sejarah perkeretaapian di Indonesia dipandu oleh orang yang kompeten di bidangnya sambil menjelajahi dan menelusuri jejak sejarah kereta api. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat