Ratusan Masyarakat Purwakarta Berebut Hadiah di Puluhan Pohon Pinang

JABARNEWS | PURWAKARTA – Beragam acara digelar untuk merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Mulai dari tingkat RT hingga nasional, memiliki cara masing-masing untuk memperingati hari besar negara ini.

Aneka macam lomba pun digelar di desa-desa sampai kota besar. Salah satunya yaitu lomba panjat pinang.

Seperti yang digelar Pemerintah Kabupaten Purwakarta, sebanyak 47 pohon pinang disiapkan dalam menyemarakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 dan HUT Purwakarta ke 188 serta HUT Kabupaten Purwakarta ke 51, di lapangan Sahate, kelurahan Nagri Tengah, Kabupaten Purwakarta, Minggu (18/8/2019).

Baca Juga:  Citayam Fashion Week Dipatenkan Baim Wong, Ridwan Kamil: Biarlah Tetap Slebew

Menurut Ketua Panitia Lomba Panjat Pinang yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Purwakarta, Deden Guntara, lomba panjat pinang merupakan salah satu perlombaan paling ikonik yang dilaksanakan pada hari perayaan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga:  KSP-Polri Bagikan 50 Ribu Masker untuk Masyarakat

“Dalam lomba panjat pinang ini sekelompok pria harus memanjat batang pohon pinang yang telah diolesi minyak atau oli. Jadi dibutuhkan kerjasama yang baik antar tim. Dalam satu tim ada 10 orang dan dalam satu pohon pinang ada 3 tim yang secara bergantian memperbutkan hadiah di atas pinang itu,” kata Deden saat ditemui usai acara tersebut, Minggu (18/8/2019).

Baca Juga:  Bawaslu Karawang Periksa Seorang Kadis dan Dua Kades Soal Ini

Ia menambahkan, lomba panjat pinang adalah sebagai wujud dedikasi serta rasa syukur akan kemerdekaan yang telah di perjuangkan oleh para pahlawan.

“Dengan ini diharapkan agar kita tidak melupakan dan selalu mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang mengorbankan jiwa dan raga demi terciptanya kemerdekaan indonesia” ujarnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat