Begini Cara Kodim 0619 Purwakarta Cegah Karhutla

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau saat ini, Kodim 0619 Purwakarta, perintahkan seluruh Komando Rayon Militer (Koramil) dan Babinsa untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bagaimana upaya upaya mencegah terjadinya kebakaran.

“Penanggulangan kebakaran ini bukan hanya tugas Pemadam Kebakaran, TNI ataupun Polri, namun tugas kita semua untuk terus berupaya mencegah terjadinya kebakaran lahan dan hutan. Saya sudah perintahkan kepada para Danramil dan Babinsa untuk memberikan sosialisasi pada masyarakat agar mencegah kebakaran,” kata Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho, saat ditemui di Makodim 0619 Purwakarta, Senin (19/8/2019).

Baca Juga:  Cerita Korban Banjir di Kota Tebing Tinggi, Terparah Sejak 3 Tahun Terakhir

Kalau di Purwakarta, lanjut dia, memang hutannya relatif masih hijau dan tidak mungkin terjadi kebakaran, namun untuk lahan kosong banyak ilalang yang kering akibat musim kemarau ini.

“Kalau hutan sih di Purwakarta masih terlihat hijau. Nah paling juga lahan kosong yang harus di waspadai, karena saya lihat banyak ilalang yang sudah mengering dan mudah terbakar,” kata Dandim.

Maka dari itu, pihaknya siagakan semua personel yang berada di Desa ataupun Kecamatan agar terus berupaya tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di daerahnya.

Baca Juga:  Satu Rutilahu di Lokasi TMMD Hampir Selesai Direhab

“Para babinsa untuk terus-menerus pendekatan secara persuasif dengan cara mensosialisasikan dampak dari kebakaran. Menginggat pentingnya hal itu maka dipandang perlu harus diadakan cegah tangkal sejak dini,” katanya.

la menegaskan bahwa menjaga dan menangkal ini bukanlah tanggung jawab TNI, Polri, dan pemerintah semata, melainkan tugas dan tanggung jawab bersama. Pihaknya juga meminta masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan.

“Jangan membuang api ataupun puntung rokok sembarangan. Mari bersama-sama kita menjaga alam dengan menjaga hutan dan lahan yang ada agar tidak terbakar. Mencegah dan menangkal adalah lebih baik daripada dampaknya bila sudah terjadi,” tegasnya.

Baca Juga:  Anne Ratna Mustika Sebut PKH Mampu Kurangi Angka Kemiskinan di Purwakarta

Dandim menambahkan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengikuti latihan penanggulangan kebakaran lahan dan hutan bersama Kostrad di wilayah Kabupaten Purwakarta.

“Kita akan melaksanakan latihan bersama dengan Kostrad dalam rangka penanggulangan bahaya kebakaran yang bertempat di Kabupaten Purwakarta. Ya mungkin di Kecamatan Sukasari ataupun di Kecamatan Jatiluhur,” pungkasnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat