Mendadak, Ini Hasil Tes Urine Jajaran Kodim 0619 Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bahaya pengaruh penggunaan narkoba yang kian masif di lingkungan masyarakat saat ini. Hal tersebut menjadi perhatian serius di jajaran aparat keamanan termasuk Kodim 0619 Purwakarta.

Sehingga upaya bebas dari pengaruh narkoba terus digalakan melalui program rutin yang telah ditetapkan oleh Institusi TNI melalui program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dan Kodim 0619 Purwakarta menindaklanjuti program tersebut dengan melaksanakan tes urine bagi prajuritnya.

Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho mengatakan, pengecekan urine merupakan program yang dilakukan berkala dan dadakan.

Dandim menambahkan, dengan bekerja sama dengan satuan Reserse Narkoba Polres Purwakarta, pihaknya melakukan sosialisasi bahaya narkoba dan test urine kepada Personel Kodim 0619 Purwakarta, di Makodim 0619 Purwakarta, pada Rabu (21/8/2019).

“Kami perintahkan random sample. Tidak ada ampun bagi oknum yang masih suka menggunakan barang haram tersebut,” terang Yogi usai mengikuti test urine, di Makodim 0619 Purwakarta, Rabu (21/8/2019).

Baca Juga:  Komitmen Berantas Narkoba, Prajurit Kodim 0619/Purwakarta Jalani Tes Urine

Ia menambahkan Apabila ada yang terbukti sebagai pengguna tentu akan diproses sesuai prosedur hukum yang ada.

“Ini komitmen kami. Pengalaman pribadi saat bertugas di perbatasan, pemuda rusak karena narkoba. Maka dari itu kita budayakan lingkungan bersih narkoba di Kodim 0619 Purwakarta untuk menindaklanjuti perintah dari pimpinan TNI bahwa TNI menyatakan perang terhadap narkoba dan apabila ada Prajurit Kodim 0619 Purwakarta yang terlibat, kami tidak akan segan-segan untuk menindak,” tegas Dandim.

Lebih lanjut Dandim menjelaskan, kegiatan tes urine ini bertujuan melakukan tindakan preventif atau pencegahan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan Kodim 0619 Purwakarta sehingga apa yang menjadi harapan dari pimpinan TNI agar seluruh prajurit bebas dari narkoba.

“Untuk itu sangat penting kita melakukan pembersihan ke dalam institusi terlebih dahulu karena aparat yang harus memberikan suri tauladan kepada masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga:  Berikut Lima Sosok Panglima Perang Terbaik Sepanjang Masa

Dandim menegaskan pihaknya tak akan menutup-nutupi apalagi melindungi jika ada anggota yang positif. Hal itu juga sudah ia tegaskan kepada jajarannya.

“Saya sudah perintahkan kepada pasi Intel apabila ada yang positif jangan ada yang ditutup-tutupi, akan saya tindak tegas. Saya minta, jangan main-main dengan barang haram ini. Jika memang masyarakat mengetahui ada anggota yang terlibat, silahkan laporkan, kita akan mengambil tindakan tegas,” kata Yogi.

Ditempat yang sama, Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius melalui Kasat Resere Narkoba, AKP Heri Nurcahyo mengatakan, kerja sama yang telah terjalin selama ini antara Polres Purwakarta dengan Kodim 0619 Purwakarta dapat dipelihara dengan baik karena sinergitas dalam perang terhadap narkoba perlu melibatkan seluruh instansi pemerintah sehingga Kabupaten Purwakarta betul-betul bersih dari narkoba.

“Untuk meningkatkan sinergitas antara Polres Purwakarta dengan anggota Kodim 0619 Purwakarta kami mengharapkan para Babinsa yang bertugas di desa-desa untuk bersama-sama mensosialisasikan dampak negatif narkoba dan kami berharap dengan sinergitas yang solid apa yang menjadi harapan kita dapat tercapai,” ujar Heri.

Baca Juga:  Ojek Online Harus Tambah Shelter

Heri mengungkapkan, transaksi narkoba di Purwakarta masih menggunakan modus lama, yakni menggunakan kurir.

“Jaringan terputus. Sistemnya alamat, pembeli pesan sama penjual. Kurir kirim ke alamat tertentu,” katanya.

Di Purwakarta, lanjut dia, peredaran narkoba yang menonjol berada di beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Purwakarta, Kecamatan Babakancikao, Kecamatan Pasawahan dan Campaka.

“Kami berharap, para Babinsa dapat membantu mewujudkan lingkungan desa di Kabupaten Purwakarta bersih dan lebih mengerti akan pentingnya menghindari Narkoba dalam setiap bentuknya melalui pembinaan oleh Babinsa dijajaran Kodim 0619 Purwakarta ini,” pungkasnya.

Dari hasil dari kegiatan tes urine kepada Personel Kodim 0619 Purwakarta kali ini belum ditemukan adanya Prajurit Kodim 0619 Purwakarta yang terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat