Bogor Mulai Garap Persiapan untuk Pilkades Serentak

JABARNEWS | BOGOR – Sejumlah panitia penyelenggara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sedang menyiapkan Pilkades Serentak yang akan dilaksanakan pada 3 November 2019.

Salah satu persiapan itu sosialisasi yang tengah gencar dilakukan Panitia Pilkades Cijujung Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Wakil Ketua Panitia Pilkades, S Taman, Sabtu (24/8/2019), berkata, hal itu untuk meningkatkan angka partisipasi di Pilkades mendatang.

Baca Juga:  Tarik Minat Wisatawan ke Purwakarta, Disperkim Pasang Lampion Karakter di 358 Titik

“Karena jumlah daftar pemilih tetap (DPT) cukup tinggi. Kalau mengacu pada Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 itu sekitar 70 persen dari total 20.000 jiwa,” ujarnya di Sukaraja, Bogor.

Ia berharap, rangkaian sosialisasi yang dilakukan panitia dapat memberikan pemahaman mengenai tahapan pelaksanaan, serta tata cara pemilihan calon Kades pada saat pelaksanaan.

Menurut dia, hingga kini sudah ada sebanyak dua bakal calon (Balon) Kepala Desa di wilayahnya melakukan pendaftaran dengan cara mengembalikan formulir. Selain itu, ada enam balon lainnya sudah mengambil formulir tapi belum mengembalikannya ke panitia.

Baca Juga:  Dua Warga Purwakarta Mengaku Ditipu Oknum Karang Taruna Jutaan Rupiah

“Baru dua orang yang menyerahkan formulir dari total delapan orang yang mengambil formulir,” kata Taman.

Sedangkan pendaftaran para bakal calon kepala desa setelat-telatnya dilakukan pada Senin (26/8/2019). Kemudian tahapan berikutnya berupa verifikasi berkas selama 20 hari kerja sesuai peraturan yang berlaku.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Tanam 860 Pohon di Bantaran Sungai Cikapundung

Selanjutnya, panitia akan menambahkan seleksi tambahan berupa tes pengetahuan dan tulis kepada para bakal calon kepala desa, bila jumlahnya melebihi kuota yang sudah di tetapkan sesuai Peraturan Bupati Nomor 37/2019, yaitu calon tediri dari minimal dua orang dan maksimal lima orang. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat