Kodim Bogor Gelar Komsos kepada mahasiswa dan Santri Papua

JABARNEWS | BOGOR – Kodim 0621 Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar komunikasi sosial (Komsos) berupa penyampaian materi kebangsaan kepada mahasiswa dan santri yang beberapa di antaranya berasal dari Papua di Aula Markas Kodim Cibinong, Kabupaten Bogor, Sabtu (31/8/2019).

“Kita harus mengakui bangsa kita adalah bangsa yang terbentuk dari berbagai suku bangsa, itulah kebhinnekaan kita, jangan jadikan perdebatan,” ujar Dandim 0621 Kabupaten Bogor Letkol Inf Harry Eko Sutrisno kepada para peserta.

Baca Juga:  Polisi Akan Jerat Pemilik Mobil Elf Kecelakaan Tol Cipali Sebagai Tersangka

Menurut Dandim, hakikat kebangsaan yaitu rasa cinta terhadap Tanah Air dan menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila. Dandim mengajak para peserta bersama-sama mengeliminir potensi konflik sekecil apapun.

Baca Juga:  Dianggap Berlebihan, Pers Minta Cabut Maklumat Kapolri Tentang PFI

“Ancaman terhadap suatu pulau atau satu daerah pada hakikatnya merupakan ancaman terhadap seluruh wilayah Indonesia,” katanya.

Selain itu, Dandim juga menyampaikan materi-materi mengenai sejarah negara Indonesia, mulai dari bentuk kerajaan, zaman penjajahan hingga persatuan dengan berdirinya organisasi pemuda pertama, yakni Budi Utomo.

“Negara Indonesia terbentuk berdasarkan Pancasila. Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai jasa para pahlawan,” tuturnya.

Baca Juga:  Mulai Fitnes, Begini Kondisi Bauman Sekarang

Selain melibatkan mahasiswa dan santri, kegiatan yang diikuti lebih dari 100 peserta itu dihadiri juga oleh perwakilan dari Polres Bogor, serta perwakilan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat