31 Tahun Hilang Kontak, Carmi Kini Sudah di KBRI Riyadh

JABARNEWS | CIREBON – Setelah sudah 31 hilang kontak dengan keluarganya, Carmi seorang tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berasal dari Desa Rawaurip, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat sudah ditemukan dalam keadaan sehat dan kini berada di KBRI Riyadh.

“Alhamdulillah sudah ditemukan, kami mendapat kabar ini dari KBRI Riyadh pada Rabu (28/8),” kata Ilyas (85) yang merupakan ayah kandung Carmi di Cirebon, Kamis (5/9/2019).

Ilyas mengaku sangat senang mendengar kabar ditemukannya Carmi dengan kondisi selamat, meskipun saat pertama kali melihat melalui video call, Carmi tidak mengenali wajah ayahnya itu.

Baca Juga:  Demi Penuhi Tuntutan Istri, Pria Ini Menyambi Jual Shabu

Hal tersebut kata Ilyas, karena dirinya memang sudah berusia tua, sebab saat Carmi berangkat ke Arab Saudi untuk merantau, dia masih kecil.

“Waktu video call itu, Carmi sempat ditanya bener gak kalau ini bapaknya, tapi dia hanya geleng kepala. Carmi hanya mengingat nama saya,” tuturnya.

Saat berkomunikasi, kata Ilyas, Carmi hanya bisa menggunakan Bahasa Arab. Dia juga kesulitan menggunakan Bahasa Indonesia maupun bahasa daerah Cirebon.

Baca Juga:  Sambut Tahun 2019, Tim Satgas Pangan Sidak Pasar Kadipaten

Ilyas mengaku belum mengetahui secara persis kapan Carmi dipulangkan ke Indonesia, karena saat ini dia berada di KBRI Riyadh untuk menyelesaikan administrasi dan pemulihan ingatannya.

“Masih di sana (Arab Saudi) lagi mengurus administrasi dan juga gaji yang selama ini tidak dibayarkan,” katanya.

Ilyas mengatakan anaknya berangkat ke Arab Saudi pada tahun 1988, melalui seorang sponsor yang ada di desanya dan diberangkatkan oleh PT Umah Sejati Alwidah Jaya Sentosa.

Baca Juga:  Bupati Bandung Barat Ancam Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tak Masuk RTRW

“Sponsornya sudah meninggal dan PT Umah Sejati yang memberangkatnya sudah tutup lama,” kata Ilyas.

Ilyas menuturkan Carmi berangkat ke Arab Saudi setelah lulus dari sekolah dasar (SD) pada tahun 1987. Dan satu tahun kemudian Carmi memberanikan berangkat ke Arab untuk menjadi TKW di sana.

Pada saat berangkat lanjut Ilyas, Carmi juga belum memiliki KTP, karena memang usianya yang masih sangat belia. (Ara)

Jabar News | Berita Jawa Barat