Siap-Siap Bandara Nusawiru Akan Buka Rute Baru

JABARNEWS | PANGANDARAN – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka wacana menjajaki untuk membuka rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung ke Bandara Nusawiru Kabupaten Pangandaran. Ide ini dianggap bisa menunjang ekonomi di kawasan tersebut.

Ridwan Kamil usai menggelar pertemuan dengan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (6/9/2019).

Kang Emil demikian sapaan akrabnya mengatakan bahwa progres pengajuan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pangandaran masih dalam pengkajian.

Baca Juga:  Orang Tua Harus Tahu, Ini Perbedaan PPDB Online Tahun 2021

“KEK masih diproses karena orientasinya masih ada yang kurang. KEK itu tidak boleh hanya untuk target market dalam negeri. Sedang diperbaiki perhitungannya,” katanya.

“Kita sedang penjajakan, penerbangan akan dibuka dari Bandara Husein Sastranegara ke Nusawiru,” kata Emil.

Untuk harga tiket, lanjut Emil, sekira Rp400 ribu-Rp600 ribu. Sementara maskapai penerbangan yang akan digunakan, yakni Trans Nusa dengan pesawat ATR yang memiliki 70 kursi. Rencana ini pun menunggu respons masyarakat.

Baca Juga:  Banyak Ditemukan Kasus Covid-19, Ini Saran DPRD Jabar untuk Pemprov

“Sementara tiket mungkin sekitar Rp400 ribu sampai Rp600 ribu sekali pergi. Tiket dari Jakarta yang dua puluh menit Rp400 ribu, sementara ke Pangandaran (dari bandung) 25 sampai 30 menit, jadi lebih mahal sedikit. Kalau reaksi (masyarakat) positif mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa kita mulai,” ucapnya.

“Tapi, saya optimistis Pangandaran di era saya ini bersama Pak Bupati akan melesat, karena di tahap berikutnya nanti akan ada penataan di Batu Karas, Batu Hiu, Karapyak. Tidak hanya di Pantai Barat dan Pantai Selatan, terminalnya kita perbaiki, sudah ngantri investor-investor baru juga ingin masuk ke Pangandaran,” ujarnya.

Baca Juga:  Head To Head Timnas Indonesia vs Vietnam Selama Piala AFF 2022

Bukan hanya sektor pariwisata, namun wacana rute penerbangan lebih ke peningkatan pertumbuhan ekonomi. (Red)