Kebakaran Hanguskan 3 Hektare Lahan di Gunung Lagadar

JABARNEWS | BANDUNG – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dilaporkan terjadi di kawasan perbukitan Gunung Lagadar, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Minggu (22/9/2019).

Seorang warga Kecamatan Margaasih, Milla (23) mengaku menyaksikan titik api terlihat dari kediamannya. Hingga sekitar pukul 20.30 WIB, ia mengaku masih melihat kawasan yang diduga hutan dan lahan masih terbakar.

“Saya tidak tau penyebab pasti kebakaran yang terjadi di kawasan perbukitan tersebut,” kata dia.

Baca Juga:  Tips Melamar Kerja Bagi Fresh Graduate yang Baru Saja Lulus Kuliah

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, Akhmad Djohara mengatakan hingga kini pihaknya masih mengecek peristiwa tersebut. “Saya masih cek petugas BPBD yang meninjau di lapangan,” kata Akhmad.

Sebelumnya Danramil 0926 Margahayu Kapten Infanteri Heri Supardan menuturkan, kebakaran pertama kali diketahui pada pukul 11.30 WIB. Bersama warga sekitar, para anggota TNI sempat mengatasi kobaran api pada pukul 17.00 WIB. Namun tak lama kemudian, kobakaran api kembali membesar.

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Aries, Taurus dan Gemini: Rasa Bersalah di Masa Lalu Kembali Menghampiri

“Kami mulai menyekat bagian-bagian yang sekiranya akan menyebarkan api tersebut. Sehingga pada pukul 21.30 WIB, api skala besar ini bisa dipadamkan,” ujarnya saat On Air di Radio PRFM 107,5 News Channel.

Heri melanjutkan, titik awal api terpantau berasal dari Puncak Salam, Gunung Lagadar. Kebakaran ini menyebabkan lahan seluas 30 ribu meter persegi (3 hektare) milik warga bernama Jefri (48) hangus terbakar.

Baca Juga:  Data Pribadi Semakin Tak Aman, Ini Cara Cek Data Bocor di Internet

“Sampai sekarang kami belum mengetahui, kami masih mencari tahu penyebab kebakaran. Dugaan sementara karena kondisi kemarau cukup panjang ini. Sehingga memang di sekitar wilayah yang terbakar itu sudah banyak ranting dan daun mengering, jadi mudah terbakar,” pungkasnya. (Red)