Ayo Siaga Bencana, 4700 Anggota PMR Cianjur Ikuti Pelatihan

JABARNEWS | CIANJUR – Sebanyak 4.700 pelajar yang terhimpun Palang Merah Remaja (PMR) se-Kabupaten Cianjur, mengikuti latihan gabungan ayo siaga bencana. Pelatihan tersebut dijajakan dengan materi pertolongan pertama (PP) di alam terbuka. Senin, (23/09/2019).

Kepala Markas PMI Kabupaten Cianjur, Hery Hidayat mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan anggota muda PMR tentang teknik pertolongan dalam segala medan. Para peserta dilatih saat pertolongan pertama di lapangan termasuk mengevakuasi korban di medan terjal di alam terbuka.

Baca Juga:  Indahnya Menikmati Eksotisme Gunung Kanaga Majalengka

“Rangkaian dari acara pelatihan ini sekaligus pelantikan anggota PMR untuk tingkat Madya maupun Wira yang digelar se-Kabupaten Cianjur,” ujar Hery Hidayat

Kemudian, kegiatan pelatihan gabungan ini, tersusun atas beberapa materi yang meliputi ayo siaga bencana, kepalangmerahan, pertolongan pertama, traveling kepalangmerahan serta berbagi pentas kreasi seni.

Baca Juga:  GP Ansor Kutuk Aksi Keji Pembunuhan Jamaah Salat Jumat di New Zealand

Selain itu, pelatihan PMR ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota PMR serta menjalin silaturahmi dengan anggota PMR lainnya. Saat ini keberadaan PMR harus terus diimbangi dengan proses pembinaan.

“Kami secara memberikan pelatihan dan pembinaan kepada anggota PMR untuk mengasah kemampuannya, sehingga jika terjadi bencana atau kecelakaan, setidaknya bisa memberikan pertolongan pertama kepada orang lain,” tambahnya.

Baca Juga:  Sistem Rangking Resmi Jadi Acuan Kategori Peserta Yang Lolos Tes SKD CPNS 2018

Hery berharap setelah melaksanakan pelatihan selama tiga hari tersebut, anggota PMR bisa membagikan ilmunya di tengah masyarakat. Mampu memberikan pengetahuan kepada teman sebayanya minimal di lingkungan keluarga. sehingga ilmu yang didapat saat pelatihan ini bisa dimanfaatkan. (Ara)