Warga Kampung Cilulumpang Jatiluhur Tak Kekurangan Air Bersih

JABARNEWS | PURWAKARTA – Saluran air atau selokan yang berada di Kampung Cilulumpang, Desa Jatimekar, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta sering di manfaatkan warga untuk mencuci motor ataupun mobil. Namun dimusim kemarau yang melanda hampir 6 bulan ini, dimanfaatkan warga di luar Kampung Cilulumpang untuk mencuci pakaian.

Ketua RW 03 Kampung Cilulumpang, Desa Jatimekar, Toto Koswara, membenarkan banyak warga yang memanfaatkan air limpasan dari bak sentral milik PJT II Jatiluhur tersebut.

Namun, lanjut Koswara, warga yang memanfaatkan air dari selokan untuk mandi dan mencuci bukan warga Kampung Cilulumpang, melainkan warga diluar kampung tersebut.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Siswa Ajak Orang Tua untuk Ikut Vaksinasi Covid-19

“Alhamdulilah, dimusim kemarau yang panjang ini persedian air bersih bagi warga Kampung Cilulumpang masih tercukupi. Hampir semua warga di Kampung Cilulumpang manfaatkan pasokan air yang langsung ke rumah-rumah warga dari PJT II Jatiluhur yang dialirkan melalui pipa saluran. Adapun warga Kampung Cilulumpang yang memanfaatkan air dari selokan itu hanya untuk mencuci motor ataupun mobil,” kata Koswara saat ditemui di kediamannya di Kampung Cilulumpang RT 13/03 Desa Jatimekar, Selasa (24/9/2019).

Baca Juga:  Diduga Korsleting Listrik, Masjid di Cibeber Cianjur Hangus Terbakar

Dirinya mengaku, di musim kemarau tahun ini, melihat banyak yang memanfaatkan air di selokan tersebut untuk mencuci baju dan mengambil air tersebut untuk mandi.

“Baru di tahun 2019 ini banyak warga yang memanfaatkan air itu untuk mencuci baju dan mandi, tahan-tahun sebelumnya gak ada. Setelah tanya dari beberapa warga ternyata yang mencuci baju dan ngambil air di selokan tersebut warga Kampung Ciputat, serta Kampung Ciawi tali, Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari,” ungkapnya.

Baca Juga:  Cegah Pemudik Lalui Jalan Tikus, Pemkab Ciamis Siapkan 10 Posko Penyekatan

Koswara menambahkan, jika warga Kampung Cilulumpang kekurangan air bersih, dirinya tinggal berkoordinasi saja dengan PJT II Jatiluhur.

“Kalau ada warga kami yang kekurangan air bersih, kami tinggal koordinasi saja dengan PJT II Jatiluhur, dan pastinya langsung mengecek pipa saluran yang menuju kampung tersebut. Tapi Alhamdulilah sampai saat ini, pasokan air untuk warga Kampung Cilulumpang masih cukup,” pungkasnya. (Gin)