bjb

Inilah 5 Filosofi Sepeda untuk Lebih Memahami Arti Kehidupan

Ilustrasi naik sepeda. (Foto: Net)

JABARNEWS | BANDUNG - Sepeda dikenal sebagai kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan. Mengendarai sepeda memiliki banyak manfaat yang bisa kita peroleh seperti tubuh lebih bugar, mengurangi polusi udara dan sebagainya. 

Selain bermanfaat, kesederhanaan sebuah sepeda memiliki filosofis kehidupan yang kental dengan arti kehidupan.

Nah, kali ini kita akan membahas mengenai pelajaran hidup dari filosofi sepeda yang membuatmu lebih mengenal arti kehidupan. Penasaran? Yuk simak ulasannya!

1. Keseimbangan dapat tercapai jika kita terus mengayuh pedal.

Saat kita belajar menaiki sepeda, hal yang pertama kita lakukan adalah menyeimbangkan tubuh dengan sepeda. Perlu latihan yang rutin dan pantang menyerah untuk dapat melakukannya. Jika kita berhenti mencoba, kita hanya akan terjatuh dan tidak bisa menaikinya.

Begitu pula dalam hidup, kita dapat menyeimbangkan hidup jika terus bergerak. Kita perlu bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Bergerak memberi kita kekuatan untuk terus menjalani kehidupan yang sebenarnya.

2. Pantang menyerah ketika terjatuh dari sepeda. Bangkit, semakin cepat sampai tujuan.

Saat menaiki sepeda, kita pasti pernah mengalami terjatuh. Menyakitkan dan membuatmu malu pada awalnya. Tapi jika kamu menjadikannya sebagai motivasi untuk terus maju. Kamu akan cepat sampai ke tempat tujuanmu. Bayangkan jika kamu memutuskan untuk berhenti menaiki sepeda, kamu tidak akan sampai pada tujuanmu.

Dalam hidup, setiap orang pasti pernah mengalami terjatuh dan gagal. Banyak pelajaran berharga yang bisa kamu ambil dari sebuah kegagalan. Misalnya kamu bisa mengevaluasi letak kesalahan, lebih berhati-hati dalam menentukan langkah berikutnya dan sebagainya. Jika kamu langsung menyerah ketika gagal, kamu tidak akan mendapatkan yang kamu inginkan.

3. Terkadang kita akan melewati jalur berliku yang penuh batu.

Ketika bersepeda, terkadang tidak selamanya jalan yang kita lewati akan lurus dan rata. Ada kalanya kita akan berjumpa dengan jalan yang penuh batu dan menanjak berliku. Jalan tersebut menghambatanmu mencapai tujuan. Tapi jika kamu lebih sabar menjalani, semua itu akan berlalu.
Baca Juga:

Polisi Bersorban Ikut Meriahkan Pawai Tarhib di Kota Banjar

Mahasiswa UI Raih Penghargaan Emas dan Perak di PIMNAS ke-32


Hidup ini terkadang tidak selamanya berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Ada kalanya kita akan bertemu dengan cobaan dan rintangan. Semuanya memang menghambat langkah kita, namun jika kita bisa menyikapinya dengan bijak, mengambil pelajaran dari setiap cobaan. Selain pandai bersyukur kamu juga akan menjadi pribadi yang tak terkalahkan oleh lingkunganmu.

4. Bersyukur dengan sepeda yang kita miliki. Tidak perlu membandingkannya.

Bersyukur dengan sepeda yang kita miliki dan tidak perlu membandingkan dengan kendaraan orang lain. Seburuk apapun kendaraanmu, terkadang tidak semua orang sanggup membelinya.

Sama halnya dengan hidup, kamu tidak perlu merasa iri dengan hidup orang lain. Percayalah, hidup yang kamu jalani terkadang hidup yang diinginkan orang lain. Bersyukur dengan hidup yang kamu miliki, selalu berdoa supaya diberikan hidup yang penuh arti.

5. Ketika roda sepeda berputar, pentil roda silih berganti atas dan bawah.

Roda diibaratkan takdir hidup dan pentil adalah hidup kita. Pentil terkadang berjalan di atas dan di bawah karena roda yang berputar. Pentil mengikuti roda yang berputar ibarat hidup mengikuti takdir yang sudah ditentukan.

Sama seperti hidup, kamu jangan terlalu mencemaskan hidupmu yang mungkin sekarang sedang di posisi di bawah. Mungkin dengan usaha dan tantangan hidup yang kamu jalani dapat mengantarkanmu sampai di atas. Namun, ketika di atas kamu tidak harus bangga dan malah menyombongkan apa yang kamu miliki. Bisa jadi suatu saat nanti takdir kamu malah akan berubah kembali di bawah.

Belajar hidup dari kesederhanaan sepeda menghantarkan kita mengerti kehidupan yang sesungguhnya. Semoga bermanfaat!. (Red)


Sumber: idntimes.com


Tags : Filosofi Sepeda Naik Sepeda Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini
properti

berita terkait

Seorang WNA Jadi Korban Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang

Gerindra Akan Bersinergi dengan PPP di Jabar

Airlangga Tanggapi Polemik Dukungan Disumpah Al-Quran

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi