bjb

Pelajar di Purwakarta Diajarkan Jadi Konsumen Cerdas

Diskoperindag Purwakarta menggelar sosialisasi konsumen cerdas di SMPN 8 Purwakarta, Senin (7/10/2019). (Foto: Gin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperindag) Kabupaten Purwakarta menggelar sosialisasi perlindungan konsumen muda dan guru dalam rangka menciptakan konsumen cerdas di dunia pendidikan.

"Sosialiasi ini dalam rangka mendorong para pelajar untuk menjadi konsumen cerdas, sebagai upaya perlindungan terhadap konsumen," kata Kepala Diskoperindag Kabupaten Purwakarta, Hj. Karliati Djuanda melalui Kabid Perdagangan, Wita Gusrianita, saat ditemui di SMPN 8 Purwakarta, Senin (7/10/2019)

Wita menyebutkan, tahun ini sasaran sosialisasi menjadi konsumen cerdas adalah para pelajar. Sosialisasi dilaksanakan dua sekolah setiap harinya.

"Yang kami sasar SMP dan SMK yang ada di Purwakarta. Sosialisasi ini untuk meningkatkan kesadaran hak konsumen bagi konsumen muda, sehingga menumbuhkan konsumen cerdas sejak usia muda," katanya.

Baca Juga:

Pemkab Purwakarta ajak Pelajar SMK jadi Konsumen Cerdas

Pemkab Purwakarta Ajak Pelajar Jadi Konsumen Cerdas

Dengan tersampaikannya edukasi ini, Wita berharap, pelajar bisa lebih selektif dalam membeli jajanan dan mengurangi tingkat pembelian jajanan yang tidak layak.

"Mendidik para pelajar menjadi konsumen cerdas Pasalnya sangat penting, karena keterbatasan kita (Diskoperindag) dalam mengawasi perdagangan, akan sangat efektif jika masyarakat sudah menjadi konsumen yang cerdas," kata Wita.

Ia menambahkan, menjadi konsumen cerdas juga mendorong tindak kecurangan yang dilakukan pengusaha sehingga sistem pengawasan, penindakan dalam kerugian konsumen dapat berjalan.

"Jika konsumen sudah cerdas, pengusaha pun didorong menjadi pengusaha cerdas tidak hanya mencari keuntungan sementara tapi bertanggungjawab dengan produk mereka," pungkasnya. (Gin)

Tags : Konsumen Muda Konsumen Cerdas Diskoperindag Purwakarta Pemkab Purwakarta SMPN 8 Purwakarta Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Purwakarta
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi