Persib Bandung Lolos Verifikasi Lisensi AFC, Persija?

JABARNEWS | BANDUNG – Klub Liga 1 Indonesia kembali ikut serta dalam pengajuan verifikasi lisensi klub AFC untuk tampil di kompetisi Asia tahun depan. Terdapat tiga nilai keputusan yang dikeluarkan oleh Club Licensing Committee, yaitu Granted, Granted with Sanction, dan Rejected.

Persib Bandung menjadi salah satu klub Liga 1 yang lolos lisensi Asian Football Confederation (AFC) di tahun 2019 sebagaimana yang diumumkan oleh Club Licensing Committee (CLC) PSSI dalam pleno yang digelar di GoWork fx Sudirman Lt.7, Selasa 8 Oktober 2019 lalu.

Baca Juga:  Debut Pertama Ricky Kambuaya Diwarnai Pembantaian Pangeran Biru

Predikat yang diraih Persib tersebut tak terlepas dari penilaian dan evaluasi atas lima kriteria utama. Yakni, Sporting, Infrastructure, Personnel & Administration, Legal, dan Finance.

Dari seluruh proses yang ditempuh, Persib Bandung berhasil mendapatkan status “Granted” alias lolos verifikasi.

Dengan kata lain, skuat Pangeran Biru resmi dinobatkan sebagai klub sepakbola profesional dan bisa berpartisipasi di kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh Asian Football Confederation (AFC) di musim mendatang.

Baca Juga:  Simak! Kriteria Ini Dicari Robert Alberts Buat Laga Uji Coba Persib

Selain Persib Bandung, terdapat lima klub lainnya yang meraih status “Granted”. Mereka adalah Arema FC, Persebaya Surabaya, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar.

Sedangkan Bali United dan Bhayangkara FC hanya mampu lolos dengan status “Granted with sanction” atau lolos bersyarat. Kedua klub itu masih harus melengkapi sejumlah kekurangan.

Baca Juga:  Dokter Persib Bandung Ungkap Kondisi Pemain yang Rerpapar Covid-19, Tak Ada Keluhan Batuk Pilek

“Harapannya dengan adanya standar ini, klub sepak bola profesional di Indonesia memiliki referensi untuk standar kualitas manajemen klub yang selalu menjadi prioritas dalam pengembangan sepakbola modern baik dari AFC maupun PSSI,” ujar Timmy Setiawan selaku Chairperson dari Club Licensing Committee seperti dilansir melalui laman resmi PSSI, www.pssi.org. (Red)