aqua

Seni Tari Ruddat Warisan Kebudayaan Turun Temurun

Tari Rudat merupakan tarian yang diambil dari olah gerak bela diri silat.

Penampilan Tari Ruddat oleh anak sekolah Pondok pesantren Asasul - Huda. (Foto: Rik/Jabarnews)

JABARNEWS | MAJALENGKA - Tari Ruddat khas Cirebon menjadi salah satu tarian yang masih terus dilestarikan oleh masyarakat. Tari Rudat merupakan tarian yang diambil dari olah gerak bela diri silat.

Seni Ruddat yang sudah turun temurun ada di ‎Desa Ranji Wetan Kecamatan Kasokandel Kabupaten Majalengka kini mulai ditampilkan kembali. Pentas sederhana dengan penampilan anak-anak sekolah di lembaga pendidikan Pondok pesantren Asasul - Huda di desa tersebut.

Baca Juga:

Hadiri Milad Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta, Ini Pesan Ma'ruf Amin

Emil: Perjuangan KH. Zainal Mustafa Sampai Kapanpun Harus Kita pertahankan



Pengelola lembaga pendidikan, KH M. Tarmidzi Asfari mengatakan bahwa dulu, kesenian tradisional Ruddat ini selalu dimainkan secara konsisten. Dan kemampuan menarinya selalu diturunkan secara berkala kepada para generasi penerusnya.

"Dulu, jika tampil seni Ruddat selalu diiringi debus dengan bacaan sholawat dan dakwah." ungkapnya, usai acara muludan di lembaga tersebut, Kamis (14/11/2019).

‎Tarmidzi menambahkan pihaknya juga berterimakasih kepada Dinas Sosial, karena berkenan hadir menyaksikan langsung seni tradisional Ruddat.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Kesenian Daerah Tari Ruddat Pondok Pesantren Dinas Sosial Majalengka Kesenian Tradisonal Kearifan Lokal Majalengka Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Habib Bahar Disidang

Polres Purwakarta Gencar Sosialisasikan Bahaya Narkoba di Ponpes

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi