Inilah Tips Public Speaking Ala Atalia Ridwan Kamil

JABARNEWS | BANDUNG – Banyak orang-orang yang menggangap kalau berbicara di depan umum itu mudah dan sering kali mereka mengejek jika ada orang yang salah berbicara didepan umum, sedangkan mereka sendiri belum tentu bisa berbicara dengan baik diddepan umum.

Public speaking walaupun terlihat sangat mudah dan sepele karna hanya perlu berbica didepan orang dan memberikan tips-tips dari sebuah masalah tetapi buktinya hal ini sangat sulit untuk dilakukan terutama untuk seorang pemula.

Baca Juga:  OTT Kalapas Sukamiskin, Terkait Suap Fasilitas Napi Korupsi

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat, Atalia Ridwan Kamil, membagikan tips berbicara di depan umum atau public speaking ia saat menjadi pembicara dalam Public Speaking Training for Muslimah di Hotel Nampati Indah, Kota Bandung, Jumat (15/11/19).

“Yang paling penting dalam komunikasi adalah bagaimana pesan sampai kepada audiens dan memberikan efek. Kita harus mengenali siapa audiens, karena kita tidak bisa mengucapkan dua hal yang sama pada posisi yang berbeda,” kata Atalia.

Baca Juga:  Polisi Bubarkan Para Pengemis di Jalan Pantura Pamanukan Subang

Pada kesempatan yang sama, ia pun bercerita pengalaman menarik manakala menekuni ilmu public speaking.

“Saya belajar public speaking 30 tahun lalu, dimulai dengan menjadi pembawa acara. Saya biasa jadi pembawa acara wisuda. Saya juga ikut kursus,” ucapnya.

Dia merupakan sosok pendiam dan enggak berbicara di depan publik. Namun, setelah mendalami ilmu public speaking, kepercayaan dirinya untuk berbicara di depan publik meningkat.

Dia juga menyarankan audiens untuk terus membaca buku. Selain menambah kepercayaan diri, pengetahuan akan semakin luas.

Baca Juga:  SIM Keliling Polrestabes Bandung Jumat, 22 Februari 2019

“Aristoteles mengatakan, kita adalah apa yang biasa kita lakukan. Keunggulan bukanlah aksi satu kali, melainkan kebiasaan, itu kata Aristoteles bukan saya. Kalau dulu saya demam panggung, sekarang kalau tidak ada panggung saya demam,” katanya.

Ia berharap, setelah pelatihan public speaking seperti ini, kemampuan public speaking peserta Public Speaking Training for Muslimah meningkat dan diterapkan di lingkungannya masing-masing. (Red)