Inilah yang Dilakukan DKUPP Purwakarta Ke Pasar Terbaik Nasional di Jawa Tengah

JABARNEWS | PURWOKERTO – Untuk meningkatkan pelayanan pasar tradisional atau pasar rakyat yang ada di wilayahnya, Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Purwakarta lakukan studi komparatif ke pasar terbaik tingkat nasional yang ada di Jawa Tengah. Tepatnya pasar rakyat Manis, Kecamatan Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Studi ini dilakukan untuk mempelajari bagaimana sistem pelayanan dan pengelolaan pasar Manis sebagai pasar rakyat milik pemerintah daerah. Kemudian bisa diterapkan di Purwakarta agar tercipta pasar rakyat yang semakin lebih baik.

“Kami sengaja ajak para pelaku usaha (pedagang -red) dan pengelola pasar-pasar rakyat di Purwakarta agar bisa melihat dan mempelajari langsung bagaimana pelayanan dan pengelolaan pasar terbaik di Jawa Tengah dan nasional ini,” ujar Kepala DKUPP Kabupaten Purwakarta melalui Kabid Perdagangan Wita Gusrianita, S.E., di Pasar Manis Banyumas, Jumat (06/12/2019).

Baca Juga:  Polres Garut Ringkus Pelaku Curanmor dalam Bus, Polisi: Mereka Bawa Senjata Api

Lanjut Wita, kegiatan ini sebagai salah satu program akselerasi peningkatan pelayanan dan pengelolaan pasar rakyat. Sebagai salah satu capaian tujuan pembangunan ekonomi kerakyatan untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Purwakarta di bawah kepemimpinan Bupati Ambu Anne Ratna Mustika.

Di tempat yang sama, Sekretaris DKUPP Purwakarta, H. Waluyo, Ph.D yang ikut mendampingi rombongan, mengatakan bahwa studi komparatif ini adalah model pembelajaran yang efektif. Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas semua unsur pelaku di dalam pasar rakyat agar bisa memberikan pelayanan semakin baik untuk konsumen.

Baca Juga:  Pimpin Perwosi Jabar, Lina Marlina Ingin Maksimalkan Olahraga di Kalangan Wanita

“Supaya kita bisa membuka pandangan dan melakukan otokritik terhadap apa yang telah kita lakukan selama melaksanakan kegiatan usaha di pasar tradisional. Tujuannya tentu agar seluruh pelaku, baik pedagang maupun pengelola, menjadi lebih semangat untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen, dalam hal ini warga Purwakarta,” jelas Waluyo.

Untuk diketahui, kegiatan studi komparatif ini diikuti oleh 40 orang yang terdiri dari perwakilan pedagang dan pengelola (UPTD) di setiap pasar rakyat yang ada di Kabupaten Purwakarta. Acara berlangsung selama dua hari (6-7 Desember 2019) di Kabupaten Banyumas dan D.I. Jogyakarta.

Baca Juga:  Bupati Purwakarta, Puji Kinerja Camat Jatiluhur

Adapun pasar rakyat yang dikunjungi adalah Pasar Manis, Purwokerto, Kabupaten Banyumas dan Pasar Kranggan, D.I. Jogyakarta.

Pasar Manis sendiri adalah pasar yang telah mendapatkan predikat sebagai pasar rakyat terbaik tingkat nasional pada tahun 2018 dan tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2018 dan 2019.

Pasar Manis yang diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada tahun 2017 ini telah tersetifikasi Standard Nasional Indonesia (SNI) 8152 tahun 2018. (Red)