Sadar! Komentar Sepele Ini Bisa Bikin Mental Orang Hancur

JABARNEWS | BANDUNG – Bagi beberapa orang, komentar mungkin dianggap sebagai bentuk koreksi agar orang tersebut bisa bangkit dari kegagalan atau keterpurukan. Namun, kalau salah situasi, perkataan itu malah membuat seseorang semakin jatuh dan terpuruk.

Selain itu, berkomentar juga memang tidak bisa dijauhkan dari sifat manusia, meski sudah menahan untuk tidak berbicara, kadang komentar itu mengalir secara spontan.

Nah, berikut ini merupakan beberapa komentar sepele yang kadang tidak sadar bisa bikin mental orang hancur. simak !



Gitu doang? Anak kecil juga bisa


Rasa kagum berganti menjadi iri biasanya disampaikan lewat perkataan tersebut. Sayangnya, perkataan ini justru akan terdengar menyakitkan bila yang bersangkutan sudah susah payah membuat sesuatu dan merasa tidak dihargai.

Baca Juga:  Sektor Lingkungan Ini yang Dikerjakasamakan Antara Pemkot Bandung dan Pemkot Kawasaki Jepang

Tahu diri! Jangan mimpi ketinggian

Pernahkah kamu mendengar seseorang bercerita tentang mimpi mereka dan kamu mengatakan hal demikian? Jika tujuanmu demikian, pemilihan kata di atas kuranglah tepat. Hal tersebut bukan membuat orang itu tersadar, melainkan minder dan tidak percaya akan mimpinya.

Baru segitu doang, masalah saya jauh lebih gede

Kamu sebagai seorang yang dipercaya untuk mendengar, jangan memotong cerita mereka dengan kalimat di atas. Sebab, kemungkinan dia akan urung melanjutkan cerita dan memendam segala sesuatu seorang diri.

Baca Juga:  Lebih Mengenal Gabriella Larasati Yang Wajahnya Mirip Video Viral

Hal ini yang biasanya memicu banyak orang yang kelihatan baik-baik saja menjadi bermasalah di kemudian hari.

Masa gitu aja gak bisa? Bodoh banget

Seringnya, saat kita menemukan seseorang tidak melaksanakan perintah dengan baik, kalimat di atas akan meluncur dengan nada tinggi atau wajah sinis. Masalahnya, kadang kita tidak melihat situasi dan mengatakan itu di depan khalayak.

Cobalah koreksi kembali. Jika kamu ingin protes karena seseorang belum maksimal mengerjakan sesuatu, ajaklah dia bicara dengan baik.

Lihat, tuh, dia aja umur segitu sudah punya ini itu

Hayo, siapa yang pernah berkata demikian? Mungkin maksudnya agar memotivasi seseorang biar mereka semangat dan rajin sehingga menghasilkan sesuatu yang serupa dengan orang lain. Namun, kebanyakan perkataan ini selalu berujung dendam dan sakit hati karena merasa perjuangannya tidak pula dihargai.

Baca Juga:  Sekwan Sebut Tak Semua Anggota DPRD Cianjur Bisa Divaksin, Ini Alasannya

Ada banyak pemilihan kata yang lebih baik dan cara penyampaian yang baik pula. Jangan tergoda membanding-bandingkan seseorang dengan kata-kata yang menyakitkan, ya!

Itulah beberapa ucapan yang sering kali menghancurkan mental seseorang. Bagimu mungkin itu ialah ekspresi pecutan untuk membangun semangat, tapi orang lain belum tentu. Jadi, tetap hati-hati dalam ucapan, ya! (Red)