Unik.. Cincin Karakter Wajah Asal Cirebon Ini Banyak Diminati

JABARNEWS | CIREBON – Karena keunikan dan kelangkaannya, kerajinan cincin karakter yang dibuat Imam Santoso (29) asal Desa Pasindangan, Kabupaten Cirebon, di gandrungi banyak peminat hingga sampai ke luar daerah.

Imam mengatakan sudah lima tahun menggeluti kerajinan tersebut baik berbentuk wajah pemesan, tokoh bangsa maupun animasi. Pada mulanya dirinya mengukir wajah biasa, tapi setelah itu dia mencoba mengukir benda yang lebih kecil lagi.

Baca Juga:  Dari Tahun 2012 Purwakarta Telah Menerapkan Sekolah Lima Hari

“Yang memesan cincin ini dari berbagai daerah, ada dari Jakarta, Bandung, Lampung dan lainnya,” kata perajin cincin karakter Imam, Jumat (06/12/2019)

Kemudian menurutnya, dalam pembuatan kerajinan tersebut bisa memakan waktu hingga satu minggu. Sedangkan untuk pemesanan sendiri bisa sesuai selera masing-masing.

Baca Juga:  Dua Pelaku Pengoplos Gas Elpiji Subsidi di Cileungsi Bogor Dibekuk Polda Jabar

“Kalau disesuaikan dengan wajah pemesan pengerjaannya bisa seminggu, tapi kalau karakter biasa empat hari juga selesai,” tuturnya.

Dia mengatakan untuk bahan baku pembuatan cincin karakter ini dari kayu segala jenis, seperti nagasari, asem, gaharu, mahoni dan lainnya. Selain itu pihaknya juga kerap memanfaatkan limbah kayu sebagai bahan baku karyanya.

Baca Juga:  Genjot Pendapatan Pajak, Ambu Anne Update NJOP Di Purwakarta

Selama ini Imam memanfaatkan media sosial sebagai lapak jualannya, melalui akun instagram @jakatawaart, dia memamerkan dan menjual karya-karyanya.

“Untuk harga satu cincin kayu berkarakter dijual dari Rp250 ribu hingga Rp500 ribu, namun itu tergantung dari bahan bakunya” ujarnya. (Red)