Sejumlah Makanan Berbahaya Ditemukan di Pasar Ciamis

JABARNEWS | CIAMIS – Sejumlah makanan yang mengandung bahan berbahaya formalin dan boraks ditemukan di Pasar Ciamis, oleh Tim Gabungan Satgas Pangan yang terdiri dari Polres Ciamis, Kodim 0613 Ciamis, Dinas Kesehatan, Dinas Perdagangan, Dinas Peternakan, Dinas Pertanian, Perum Bulog dan BPOM Loka POM Kota Tasik, Rabu (11/12/19).

Hal tersebut diketahui, setelah dilakukan mengujian di mobil labolatorium BPOM, sejumlah makanan yang diamankan ini terdapat zat positif yang mengandung zat kimia berbahaya.

Baca Juga:  Sebanyak 125 Bangunan SD yang Rusak Akibat Gempa Cianjur Diakomodir Kementerian PUPR

“Selain mengamankan beberapa makanan yang mengandung zat berbahaya, Tim juga telah mengamankan pijer serbuk yang telah dijual bebas di pasar. Pijer tersebut merupakan bahan sejenis boraks, jika dicampur dengan bahan makanan, jelas sangat berbahaya,” kata Kapolres Ciamis, AKBP Bismo Teguh Prakoso, Rabu (11/12/2019).

Baca Juga:  Pimpin BKC Purwakarta, Purwanto Bakal Tingkatkan Prestasi Karate

AKBP Bismo menerangkan, setelah menemukan sejumlah bahan makanan yang berbahaya dan pijer yang dijual bebas tersebut, pihaknya mengaku langsung melakukan pembinaan kepada pedagang tersebut.

“Pedagang tersebut kita imbau supaya tidak menjual lagi makanan yang mengandung berbahaya, karena kalau makanan tersebut kita konsumsi, dapat memicu penyakit Kanker,” ujarnya.

Baca Juga:  Pengamat Ekonomi: Rupiah Melemah Salah Satunya Karena Impor

Selain sidak ke sejumlah kios pedagang di Pasar Ciamis, Tim juga melakukan pengecekan harga bahan pokok pangan dan sekaligus mengecek ketersediaan pangan menjelang Natal dan Tahun Baru 2020.

“Harga pangan relatif masih stabil, tidak ada kenaikan harga yang begitu besar,” ucapnya. (CR1)