Disnakertrans Jabar Buka Bursa Lowongan Kerja di Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Barat menggelar Bursa Kerja dengan tema Festival Milenial di Gedung Disnakertrans, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Rabu (11/12/2019).

Kepala Disnakertrans Jabar, Ade Afriandi mengatakan, dengan adanya data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah pengangguran yang ada di Jabar berlangsung naik-turun.

Pada akhir 2018, jumlah pengangguran berjumlah 8,17 persen. Sementara awal 2019 menurun dengan jumlah 7,73 persen. Namun update terakhir pada November lalu kembali naik menjadi 7,99 persen.

Baca Juga:  Oded: Generasi Al Quran Akan Dapatkan Rahmat

“Berbicara pengangguran yang tinggi, kita perlu memahami Jabar 20 persen adalah penduduk nasional, semua tinggal di Jabar. Kami mencoba mencari sample, ternyata jumlah pengangguran yang masuk dan keluar Jabar jumlahnya hampir sama. Jika berbicara yang masuk 25 ribu, yang keluar pun sama, artinya tetap,” kata Ade.

Menurutnya, Jabar mempunyai potensi Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), dan infrastruktur yang menjadi daya tarik. Selain itu, pemberian tingkat upah yang diberikan kepada pekerja Jabar sangat kompetitif. Bahkan Kabupaten Karawang menjadi yang tertinggi di Indonesia.

Baca Juga:  Begini Caranya Agar Kalian Bisa Fokus Saat Bekerja Di Kantor

“Kegiatan bursa kerja kali ini tidak hanya mempertemukan para pencari kerja dan perusahaan, tetapi saat ini harus bergeser menggunakan ruang (Industri) 4.0. Kedepannya kegiatan bursa kerja akan dilaksanakan dengan teknologi yang hadir (online),” paparnya.

Ade menyebutkan, nantinya para pencari kerja tidak harus berbondong-bondong ke tempat bursa kerja. Mereka bisa mengaksesnya dengan menggunakan ponsel pintar.

Baca Juga:  Harga Kedelai Akan Menguat Sampai Mei, Ini Kata Mendag

Para pencari kerja yang hadir mayoritas adalah generasi milenial. Sebelum pembukaan dimulai, mereka sudah antusias berdatangan. Bahkan lokasi parkir di Gedung Disnakertrans Jabar penuh, hingga meluber ke gedung-gedung di sebelahnya.

Bursa Kerja Milenial diselenggarakan dari tanggal 11 Desember hingga 12 Desember, dimulai pukul 09.00 sampai 16.00 WIB. (Rnu)