Gojek-Gopay Kembangkan Ekonomi Digital di Sukabumi

JABARNEWS | KOTA SUKABUMI – Walikota Sukabumi H Achmad Fahmi mengatakan, semangat kolaborasi yang ditunjukkan Gojek dan GoPay, sejalan dengan rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi yang ingin meningkatkan pembangunan, melalui pemanfaatan ekonomi digital.

Beberapa kolaborasi, yang menarik untuk dijajaki termasuk pemanfaatan Gojek dalam optimalisasi visi, misi, dan program unggulan Pemkot Sukabumi.

“Salah satunya penggunaan GoPay di beberapa fasilitas publik maupun lokasi wisata di Kota Sukabumi,” kata Walikota Sukabumi H Achmad Fahmi saat acara penandatanganan nota kesepakatan strategis bersama antara Gojek-Gopay dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi, Kamis (12/12/3019).

Baca Juga:  Siap-siap! TKD Prabowo-Gibran Jabar akan Buat Audisi Penyanyi dan Pencipta Lagu

Walikota berharap, semua kesepakatan ini dapat terlaksana dengan baik, dan dapat menciptakan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat.

“Ya, bisa bermanfaat bagi masyarakat Sukabumi khususnya,” harapnya.

Selain itu, tujuan dari penandatanganan kerjasama strategis ini adalah untuk mendukung pembangunan Kota Sukabumi melalui pengembangan potensi ekonomi digital.

Dengan adanya penguatan potensi ekonomi digital tentunya diharapkan akan dapat memperkuat para pelaku sektor informal dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melalui inovasi teknologi dan menyertakan mereka dalam ekosistem Gojek dan GoPay.

Baca Juga:  Inilah Komentar Dedi Mulyadi Usai Lihat Pasar Singaparna

Terpisah, Head Regional Corporate Affairs Gojek Jawa Barat dan Banten, Wildan Kesuma menjelaskan, area fokus nota kesepakatan antara Pemerintah Kota Sukabumi, Gojek dan GoPay mencakup 6 hal strategis.

6 hal tersebut diantaranya, promosi potensi unggulan daerah, pemanfaatan layanan GoPay sebagai metode pembayaran di lokasi-lokasi yang dikelola oleh Pemkot Sukabumi, pembinaan dan pengembangan Usaha Kecil di Kota Sukabumi melalui pelatihan dan fasilitasi pemasaran, pemberdayaan perempuan melalui pelatihan kewirausahaan dan fasilitasi akses lapangan pekerjaan, sosialisasi kepada masyarakat mengenai pengurangan sampah plastik.

Baca Juga:  Sambut HKGB Ke-65, Bhayangkari Purwakarta Gelar Kegiatan Anjangsana

Wildan menambahkan, kerjasama strategis ini, juga sejalan dengan semangat dan komitmen Gojek dalam mendukung keberhasilan, dan optimalisasi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor, yang digunakan untuk kepentingan masyarakat.

“Melalui kerjasama strategis ini Gojek dapat mengoptimalkan penggunaan, dan penertiban layanan transportasi online yang salah satunya melalui pembuatan shelter Gojek,” paparnya. (CR2)