aqua

Banyak Ular Kobra Muncul di Musim Hujan, Ini Penjelasan LIPI

Di Indonesia ada dua jenis ular kobra.

Sejumlah anak ular kobra berhasil ditangkap petugas dari DPKPB Kabupaten Purwakarta di pemukiman warga, Kamis (12/12/2019). (Foto: Gin/JabarNews)

JABARNEWS | BANDUNG - Selama sepekan terakhir, masyarakat di beberapa wilayah mulai dari Cakung, Jakarta Timur, Bogor, Yogyakarta, Klaten, Jember, hingga Kabupaten Purwakarta dikejutkan dengan munculnya puluhan anak ular kobra. Sejumlah warga melaporkan ular kobra memasuki rumah-rumah mereka.

Belum ada laporan korban jiwa akibat munculnya anak ular kobra. Meski begitu, fenomena ini cukup meresahkan warga yang mengalaminya.

Baca Juga:

Buah-buahan Melimpah Di Majalengka, Harganya Tak Sampai Rp10 Ribu/Kg

BMKG: Musim Hujan Diperkirakan Mulai Akhir November



Soal banyak ditemukan anak ular kobra di beberapa wilayah di Jawa ini, ilmuwan reptil dari Pusat Penelitian Biologi di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Amir Hamidy, menyebutnya sebagai fenomena yang normal. Musim penghujan di akhir tahun ini merupakan waktunya anak ular muncul ke permukaan setelah menetas dari telurnya.

“Awal musim penghujan adalah waktu menetasnya telur ular. Fenomena ini wajar dan merupakan siklus alami,” ujarnya, dilansir dari laman Kumparan.com, Jumat (13/12/2019).

Amir menjelaskan, di Indonesia ada dua jenis ular kobra. Pertama Kobra Sumatra atau Naja sumatrana yang terdapat di Sumatra dan Kalimantan. Kedua adalah kobra Jawa atau Naja sputarix.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Ular Kobra Jenis Ular Kobra Musim Hujan LIPI Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

BMKG Prediksi Musim Hujan Mulai November 2019

Mapag Hujan Siap Atasi Banjir Kota Bandung

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi