aqua

Legenda Kuda Bersayap di Gunung Cupu Purwakarta

Nama Cupu berasal dari nama penunggu gunung tersebut yang merupakan sosok makhluk gaib.

Gunung Cupu yang terletak di Kampung Gunung Cupu RT 01/01 Desa Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta.

JABARNEWS | PURWAKARTA - Hingga saat ini banyak sebagian orang mengenal Gunung Cupu hanya sebatas gunung batu yang kontur tanahnya penuh dengan bebatuan. Sampai sampai gunung ini pun terkesan biasa dan tak memiliki sejarah atau kemistri menarik dibalik namanya.

Gunung Cupu merupakan gunung yang terletak di Kampung Gunung Cupu RT 01/01 Desa Anjun, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga:

Soal Pelajar Tabrak Emak-emak Hingga Tewas, Ini Tanggapan Ketua MKKS Purwakarta

Target Parkir Purwakarta Belum Tercapai



Menurut informasi yang berhasil dihimpun, nama Cupu berasal dari nama penunggu gunung tersebut yang merupakan sosok makhluk gaib.

"Gunung Cupu ini ada yang yang menunggu, nama penunggunya, Cupu Manik," kata Wira Atmaja (85) saat ditemui di kediamanya di Kampung Cianting RT 3/1 Desa Cianting, Kecamatan Sukatani, Purwakarta, Jumat (13/12/2019).

Pria berusia lanjut ini akrab disapa Ki Irat ini menuturkan, dahulu kala Cupu Manik atau yang pada zaman dulu akrab disapa Eyang Dalem Cupu Manik ini memiliki seekor kuda bersayap (Vegasus). Kuda tersebut seringkali terbang kesana kemari, seperti dari Gunung Hejo ke Gunung Cupu. Hingga sampai saat ini jejak kaki kuda tersebut masih nampak jelas di bagian puncak gunung tersebut.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Gunung Batu Kuda Bersayap Gunung Cupu Purwakarta Kabupaten Purwakarta Legenda Gunung Cupu Cerita Gunung Cupu Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Lokal Berita Hiperlokal

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi