Inilah Nama Pemenang Desain Ibu Kota Negara Baru

JABARNEWS | JAKARTA – Sebanyak 5 peserta pemenang dari 755 peserta yang ikut sayembaran desain Ibu Kota Negara (IKN) baru, telah di umumkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengatakan penetapan pemenang ini melalui seleksi dan penilaian juri yang dilakukan beberapa tahap. Hingga akhirnya, tim juri menetapkan lima desain yang berhasil dan laik sebagai pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

“Sejak pertama Mendaftarkan 755, itu sudah dicatat sebelum dikerjakan, dari 755 masuk 292 dan menjadi 30. Dari 30 menjadi 5 dan sekarang ada lima besar.Saya bangga kepada rekan-rekan semua yang aktif membuat sejarah gagasan desain ibu kota baru kita,” ujar Basuki, Senin (23/11/2019).

Baca Juga:  NASA Gelar Sayembara Berhadiah Rp502 juta, Bagi yang Minat Baca Ini

Adapun, lima pemenang desain IKN diantaranya, Harapan II adalah Benua Rakyat Nusantara, Harapan I adalah Zamrud Khatulistiwa, Juara III adalah Kota Seribu Galur, Juara II adalah The Infinite City, dan Juara I adalah Nagara Rimba Nusantara.

Baca Juga:  Polisi Gerebek Pabrik Obat Keras Ilegal Terbesar se-Jabar, Ternyata Ada di Sumedang

Menurut Basuki, kelima desain tersebut akan dikolaborasikan dan nantinya akan diaplikasikan di lokasi pembangunan IKN yaitu Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara.

“Kita akan ke lapangan bersama, untuk menyesuaikan lagi, kondisi desain kita dengan lapangan. Mungkin ada fine tune in di sana, saya ingin membuat detail desain khususnya di kawasan inti kota, itulah yang kita siapkan setelah ada UU pemindahan ibu kota itu ada,” ucap dia.

Baca Juga:  Geledah Kontrakan di Sukabumi, Polisi Temukan Ribuan Butir Obat Keras

Untuk diketahui, pemenang sayembara ini atau Juara I mendapatkan hadiah sebesar Rp 2 miliar, Juara II mendapat Rp 1,25 miliar dan piagam penghargaan, Juara III mendapat Rp 1 miliar dan piagam penghargaan.

Sementara, juara harapan I mendapat Rp 500 juta dan piagam penghargaan, dan harapan II mendapat Rp 250 juta dan piagam penghargaan. (Red)